Jaring Laba-Laba

| |

Siapa yang tidak kenal laba-laba? Laba-laba adalah binatang yang ada di mana-mana, mulai dari hutan sampai ke rumah hunian. Dari ladang sampai ke kandang. Dalam Al Quran surat Al Ankabut ayat 41 Allah berfirman:
"Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung-pelindung selain Allah. Adalah seperti laba-laba yang membuat rumah. Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah ialah rumah laba-laba kalau mereka mengetahui."
Al Quran telah mengabadikan menjadi nama sebuah surat, Surat Al Ankabut. Binatang yang disebutkan dalam Al Quran,tentunya memiliki suatu hal yang istimewa. Namun sayang, orang-orang lebih terfokus pada kekurangan laba-laba,salah satunya rumah laba-laba yang di anggap sebagai rumah yang paling lemah.
Para ahli tafsir, dalam menafsiri ayat tersebut diatas memberi komentar yang senada,yakni ulasan tentang kelemahan pasang laba-laba. Seolah-olah laba-laba tidak memiliki ke istimewaan apa-apa. Semenjak mufasir abad ke-7 seperti Abdullah bin Abbas, sampai mufasir abad ke- 20, seperti Ahmad Al Maragh, sama-sama mengatakan bahwa rumah laba-laba memang lemah karena tidak bisa melindungi dirinya dari panas dan dingin. Rumahnya pun rapuh karena mudah hancur bila di terjang angin atau binatang lain.
Dalam tafsir Al Jami'ul Ahkam karya Imam al-Qurthubi disebutkan sebuah hadis ucapan Yazid bin Maisarah bahwa laba-laba adalah setan. Dan bahwa Ali bin Abi Thalib menganggap adanya sarang laba-laba di dalam rumah akan mewariskan kemiskinan maka harus di buang.
Tafsir Ad.Durul Mantsur karya Jalaluddin As-Sayuti memuat hadis mursal Abi Daud yang berasal dari yazid tentang sabda Rasulullah Saw.yang menyebutkan bahwa laba-laba adalah yang justru berjasa membuat sarang menutupi pintu gua,melindungi Rasulullah bersama Abu Bakar sewaktu bersembunyi di Gua Tsur ketika hijrah? Tafsiran seperti itu tentu membuat penasaran. Harus ada sesuatu yang penting dari laba-laba.
Ilmuan Jelinskis dan temannya dari Cornell University, Ithaca, New York, mengungkap rahasia laba-laba. Dalam penelitiannya di laboratorium, di temukan bahwa jaring laba-laba yang di produksi dari tubuh binatang itu sendiri, terbuat dari molekul berbentuk serat,yang tersusun dari residu asam animo glisin 42%, alanin 25% dan 33% sisanya glutamin,serin, dan triosin. Analisi Resonansi Magnetik Serat terhadap jaring laba-laba yang mengandung 40% alanin menunjukan suatu struktur yang terorganisir sangat rapi seperti kristal. Jaring laba-laba ternyata tahan air dan memiliki kekuatan 5 kali lebih besar dari baja dengan ukuran yang sama, dan 2 kali lebih lentur dari pada serat nilon.
Begitu kuatnya jaring laba-laba ini, sehingga dimungkinkan untuk menjadi bahan tekstil anti peluru, penguat material komposit untuk selubung peralatan elektronik,body mobil,dan bahan pesawat terbang. Laba-laba menjadi sumber inspirasi bagi penciptaan materi baru yang bersumber dari mahluk hidup, bio materials, seperti protein polisakarida dan lainya. Dengan berkembangnya ilmu bio-engineering, laba-laba bisa di ternakkan menjadi jutaan ekor, di besi makanan larutan zat tertentu untuk memproduksi secara massal serat yang sangat kuat bagi keperluan industri. Teknologi gen- cloning bisa di gunakan untuk membuat bakteri yang dapat dikerahkan memproduksi serat laba-laba secara in vitro dalam tabung kimia. Para arsitek dari jerman rudal mengembangkan konstruksi lebar yang sangat kuat tapi tipis yang di ilhami dari jaring laba-laba.
Jadi, jaring laba-laba sama sekali tidak lemah dan bukan tidak berguna. Lantas,mengapa Al Quran menyebut lemah? Firman Allah tidak mungkin keliru. Tafsirnya yang perlu di sempurnakan. Coba perhatikan ayat di atas baik-baik. Ternyata yang di sebutkan lemah adalah rumah laba-laba (baitul ankabut). Bukan jaring laba-laba (nusjatul-ankabut/spider-web). Rumah atau sarang laba-laba inilah yang mungkin bersifat lemah, jenis kelemahan yang belum terungkap,jadi harus di teliti oleh ilmuwan muslim, setelah kekuatan jaringnya sudah terungkap oleh nonmuslim. Dengan begitu, Al Quran kita tempatkan pada fungsinya yang mulia sebagai pedoman di segalan sektor kehidupan. Termasuk di bidang sains dan teknologi. Bukan hanya berisi anjuran beramai-ramai membunuh laba-laba
Template: Santri Kampung (2017)

Designed by: Santri Kampung
Sponsor by: Annabawi FM©