11.06.2010

11/6 Republika Online

     
    Republika Online    
   
Free Roaming di 7 Negara untuk Pengguna Torch
November 6, 2010 at 2:22 AM
 

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--XL Axiata menawarkan bundling Blackberry Torch dengan kartu perdana XL. Bagi pengguna Blackberry Torch yang mengaktifkan layanan dengan menggunakan kartu XL, akan mendapatkan gratis bebas jelajah internasional ( free roaming) di tujuh negara.

''Bebas roaming berlaku di Malaysia, Singapura, Jepang, Bangladesh, Srilangka, Kamboja dan Hongkong dengan menggunakan jaringan mitra XL,'' kata Head of Corporate Communication XL, Febriati Nadira.

Bebas roaming berlaku sembilan hari, baik untuk pelanggan prabayar maupun pascabayar. Di Singapore, XL bermitra dengan operator M1, Malaysia (Celcom), Hongkong (SmarTone), Jepang (Softbank), SriLanka (Dialog), Bangladesh (Robi), Kamboja (Hello)

Fasilitas gratis roaming ini berlaku selama tiga hari pertama di negara yang dikunjungi serta untuk maksimal tiga kali kunjungan di negara tujuan dalam jangka waktu 30 hari atau sebulan. Untuk hari ke-4 dan seterusnya di setiap kunjungan akan dikenakan tarif roaming normal

Sementara bagi pelanggan  Pascabayar, fasilitas gratis internasional roaming  bisa dinikmati selama 9 hari dalam jangka waktu 30 hari di 7 negara yang termasuk dalam daftar program bebas internasional roaming ini. Untuk hari ke-10 dan seterusnya, akan dikenakan tarif roaming normal.

Mengenai perbedaan pola penggunaan bebas roaming, Ira mengatakan bahwa hal ini didasarkan pada survei internal yang dilakukan XL. ''Lama kunjugan pengguna layanan prabayar biasanya singkat, sehari atau dua hari. Pelanggan layanan pascabayar biasanya lebih lama. Ini yang menjadi pertimbangan kami,'' kata Ira.

Tentang pilihan pada 7 negara, Senior Manager Blackberry Oni Marbun menyatakan bahwa pelanggan XL banyak melakukan kunjungan ke 7 negara tersebut. ''Sekitar 10 persen pengguna Blackberry melakukan kunjungan ke 7 negara tersebut,'' kata Oni. Saat ini pelanggan Blackberry XL mencapai 625 ribu.

Diantara pengguna yang melakukan perjalanan ke tujuh negara tersebut, sekitar 50 persen melakukan roaming internasional. ''Bebas roaming menjadi salah satu solusi, selain roaming dengan tarif murah,'' papar Oni.

   
   
Merapi Belum Memperlihatkan Penurunan Aktivitas
November 6, 2010 at 2:22 AM
 

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA--Aktivitas Gunung Merapi di perbatasan Jateng dan DIY hingga Sabtu (6/11) pukul 12.00 WIB belum menunjukan penurunan aktivitas. Bahkan gunung teraktif di dunia ini masih dalam  aktivitas meletus sejak Kamis (4/11) malam kemarin.

"Hingga saat ini gunung Merapi masih mengeluarkan awan panas terus menerus dan belum berhenti," kata Kepala Badan Geologi Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Suhkyar di kantor Balai Penyelidikan dan Pengembangan Tehnologi Kegunungapian Yogyakarta (BPPTK).

Diakuinya, sejak Kamis malam lalu Merapi terus saja memuntahkan awan panasnya hingga membentuk kolong asap pada ketinggian 5 kilometer di atas gunung itu. Awan panas tersebut menurutnya menyebar ke segala arah. Namun lanjut dia, sebagian besar memang mengarah ke Klaten dan Sleman.

Dengan kondisi Merapi yang masih tinggi ini, pihaknya kata Suhkyar tidak bisa memprediksikan sampai kapan gunung tersebut selesai memuntahkan awan panas dan meterial panasnya. Apalagi saat ini alat seismograf milik BPPTK di puncak Merapi tinggal satu yaitu di posko Plawangan. "Hari ini kita terjunkan tim untuk memasang alat kembali di beberapa titik," paparnya.

Menurutnya, dengan satu alat seismik di Plawangan tersebut pihaknya masih bisa memantau aktivitas Merapi.
 Kepala BPPTK Yogyakarta Subandriyo mengatakan, timnya akan memasang tiga alat seismik pagi di Posko Jrakah, Keteb dan satu titik lagi yang dekat dengan puncak Merapi. Meski begitu, kata dia, pihaknya tetap mencari tempat yang aman dari jangkauan awan panas.












   
   
Jumlah Pengungsi Merapi Klaten Capai 52.851
November 6, 2010 at 2:22 AM
 

REPUBLIKA.CO.ID, KLATEN--Pengungsi yang ditampung di wilayah Kabupaten Klaten hingga Sabtu (6/11) siang terdata sebanyak 52.851 orang. Mereka tersebar di 74 titik lokasi pengungsian di 15 kecamatan.

Jumlah pengungsi terbesar berada di Kecamatan Prambanan dengan 13.349 orang. Sementara lainnya berada di wilayah sekitar Kota Klaten diantaranya Kecamatan Klaten Utara (8.437), Kecamatan Klaten Selatan (6.698), dan Kecamatan Jatinom (7.660).

Gedung Pemkab dan DPRD Klaten juga telah digunakan sebagai lokasi pengungsian untuk sekitar 3500 pengungsi. Petugas pengolah data, Sapto Nugroho, mengatakan jumlah pengungsi masih fluktuatif. Hal ini lantaran banyak pengungsi yang berpindah tanpa melapor ke petugas.

"Ada yang mau ikut anggota keluarga lainnya, jadi pengungsi masih pindah-pindah, dan tanpa lapor. Data yang masuk ke kita masih berubah-ubah," ungkapnya di Pemkab Klaten. Sapto mengaku pengungsi masih belum dapat dikumpulkan ke dalam sejumlah titik lokasi pengungsian. "Mereka masih tersebar, belum bisa dikumpulkan," ujarnya.

Untuk mengumpulkan pengungsi tersebut, diakuinya, masih cukup sulit. Padahal, dia mengaku pengumpulan tersebut memudahkan untuk distribusi logistik. Diungkapkannya, untuk mendistribusikan logistik ke titik-titik pengungsian tersebut, petugas menyerahkan kebutuhan pengungsi ke setiap camat setempat.

Diakuinya, tersebarnya pengungsi tersebut cukup sulit jika harus dijangkau satu-per satu. "Kita drop logistik untuk kebutuhan pengungsi selama dua hari. Nanti setiap dua hari, camat mengambil ke sini," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Humas Pemkab Klaten, Sugeng Hariyanto mengatakan setiap logistik yang didistribusikan ke lokasi pengungsian harus melalui camat setempat. "Bantuan tidak bisa setiap lokasi pengungsian minta sendiri-sendiri, harus lewat camat," tegasnya. Karena itu, diharapkannya camat dapat proaktif untuk memenuhi kebutuhan logistik pengungsi.

 


   
   
Tim SAR Evakuasi Tujuh Mayat di Argomulyo
November 6, 2010 at 2:22 AM
 

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN--Tim pencarian dan penyelamatan, Tentara Nasional Indonesia, polisi, dan relawan, Sabtu (6/11), pukul 10.10 WIB berhasil mengevakuasi sebanyak tujuh mayat korban awan panas Gunung Merapi di Dusun Gadingan, Desa Argomulyo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman.

Menurut keterangan anggota tim SAR Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diperkirakan di daerah itu masih banyak korban meninggal dunia yang belum diketahui keberadaannya karena banyak warga yang terjebak saat Gunung Merapi meletus pada Kamis (4/11).

Seorang warga Dusun Gadingan Sutantyo mengatakan banyak penduduk di dusun ini terjebak awan panas letusan Gunung Merapi pada Kamis (4/11) sehingga diperkirakan masih ada mayat yang akan ditemukan oleh tim SAR, TNI, polisi, dan relawan. "Mungkin akan ditemukan banyak mayat karena ini hanya baru sebagian. Kami dan tim masih mencari lokasi korban lain," katanya

Dusun yang berada sejauh 16 kilometer dari puncak Gunung Merapi ini pada Jumat (5/11) belum bisa ditembus karena lokasi masih terbakar dan panas. Namun dusun ini kini sudah mulai ditembus dengan ditemukannya tujuh mayat. Semua korban meninggal kini dibawa ke Rumah Sakit (RS) Sardjito Yogyakarta untuk dilakukan autopsi.

Sementara itu korban meninggal dunia akibat letusan awan panas vulkanik Gunung Merapi di instalasi Forensik Rumah Sakit Sardjito Yogyakarta hingga kini mencapai 76 jiwa. "Korban meninggal dunia di Rumah Sakit (RS) Sardjito Yogyakarta bertambah lagi lima orang dari sebelumnya 71 orang sehingga menjadi 76 orang, sedangkan yang luka bakar berat sebanyak 66 orang," kata Kepala Bagian Hukum dan Humas RS Sardjito Yogyakarta Trisno Heru Nugroho.

Ia mengatakan RS Sardjito Yogyakarta hingga kini merawat sebanyak 66 korban dari sebelumnya 77 korban luka bakar letusan awan panas vulkanik Gunung Merapi karena sisa korban sudah pulang ke rumahnya masing-masing.

Menurut dia, kondisi 66 korban luka bakar akibat letusan awan panas Gunung Merapi hingga kini masih dalam kondisi kritis sehingga perlu penanganan intensif karena luka bakarnya mencapai 50 persen. "Kami akan berusaha seoptimal mungkin untuk merawat para korban," katanya.

Ia mengatakan kekurangan alat bantu pernapasan di RS Sardjito Yogyakarta kini sudah teratasi sehingga bisa membantu kalangan penderita luka bakar tingkat berat ini dapat ditangani dengan baik. "Sebanyak 75 persen korban menderita luka bakar, termasuk saluran pernapasan korban juga ikut terbakar. Mereka sulit bernapas sehingga membutuhkan alat bantu pernpasan," katanya.


   
   
Siang Ini Tim Evaluasi IPO KS Tatap Muka Pertama Kali
November 6, 2010 at 2:22 AM
 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Salah satu Anggota Tim Evaluasi Independen Pelaksanaan Privatisasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yang bertugas memantau pelaksanaan initial public offering (IPO) PT Krakatau Steel (KS), Kahlil Rowter, mengaku belum mengetahui secara detil tugasnya.

Hal ini karena tim evalusi independen yang dibentuk Kementerian BUMN, baru terbentuk Jumat (5/11) kemarin. "Siang ini saya baru akan bertemu untuk pertama kalinya dengan anggota Tim Evaluasi Independen lainnya. Bersama ketua tim ini, Pak Mas Achmad Daniri, nanti kita akan membahasnya. Jadi, sekarang ini job desk-nya saya belum mengetahui," kata Kahlil kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (6/11).

Yang pasti, ia mengungkapkan, tugas utama tim ini adalah untuk mengevaluasi proses pelaksanaan IPO KS secara menyeluruh. Kahlil menyontohkan, misalnya apakah IPO KS ini sesuai dengan kaidah dan aturan yang ada. Dia mengatakan, nantinya hasil evaluasi tersebut akan langsung disampaikan kepada Menteri BUMN, Mustafa Abubakar.

"Saya diminta mengevaluasi proses IPO KS apakah sudah sesuai kaidah. Selanjutnya kita akan melapor ke Menteri BUMN. Kan temuan (harus) dikembalikan kepada yang memberi mandat," ujar Kahlil.

Sebelumnya, Menteri BUMN, Mustafa Abubakar, menyatakan kementerian secara resmi telah membentuk tim untuk mengawal privatisasi BUMN. Tim ini diberi nama Tim Evaluasi Independen Pelaksana Privatisasi BUMN.

"Hari ini (kemarin) Tim Evaluasi Independen Pelaksana Privatisasi BUMN sudah terbentuk. Anggotanya ada empat orang. Tim diketuai oleh Mas Achmad Daniri yang sekarang ini juga menjabat sebagai  Ketua Komite Nasional Kebijakan Governance," kata Mustafa kepada wartawan di Jakarta, Jumat (5/11) malam.

Dia menambahkan, tim ini juga diperkuat oleh Hikmahanto Juwana yang saat ini tercatat sebagai Guru Besar FHUI, Sudarjono yang pernah mantan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dan Kahlil Rowter yang berprofesi sebagai pengamat pasar modal.

"Saya berharap ke empat orang ini bisa memastikan pemenuhan prosedur privatisasi BUMN. Misalnya, menetapkan waktu (privatisasi), jenis saham yang dilepas, harga jual dan proses penjualannya. Termasuk juga memastikan hasil bersih privatisasi disetor ke kas perusahaan," papar Mustafa.

Kementerian BUMN berharap pelaksanaan privatisasi PT Krakatau Steel (KS) melalui mekanisme initial public offering (IPO) berjalan lancar dengan kawalan mereka. Mustafa menyampaikan pihaknya sengaja memilih ke empat orang tersebut supaya obyektif atau tidak ada keterpihakan. 

"Sengaja tidak mengambil orang dalam biar obyektif. Mereka dipilih atas dasar profesional di bidangnya dan integritas. Tentu kami sudah mendiskusikan dan mewawancarai mereka dari kemarin sampai hari ini," ujar Mustafa.

Menyinggung masa tugas tim evaluasi ini, ia menyatakan tim ini hanya bertugas untuk memantau pelaksanaan IPO KS. Mustafa menguraikan terhitung hari ini sejak Surat Keputisan berlaku, mereka resmi bertugas.

"Mereka bertugas hanya untuk KS. Jadi masa tugasnya selama satu bulan setelah listing KS, dari tanggal 10 November 2010 sampai 10 Desember 2010. Tapi, kalau tim ini perform, maka untuk IPO berikutnya akan kita pakai. Dan, mungkin akan kita tambah orangnya," papar Mustafa.

Tim evaluasi independen ini berada di bawah Menteri BUMN secara langsung. Untuk itu, Mustafa mengungkapkan dirinya bisa bebas mengevaluasi jika ditemukannya penyimpangan. Namun, ia menegaskan kewenangan tim evaluasi independen ini tetap sesuai ketentuan yang ada.

"Tim ini langsung di bawah saya. Mereka bebas evaluasi. Jadi, apa-apa yang tidak sempat diperiksa mereka bisa lakukan. Sehingga kalau ke underwriter ya harus sesuai ketentuan," pungkas Mustafa.

Namun, ia menegaskan tim evaluasi independen ini dibentuk bukan untuk men-counter attack isu-isu miring yang tengah beredar di publik saat ini. Tim ini, tegas Mustafa, ingin memberikan kepastian semua proses ini berjalan sesuai ketentuan.

"Sama sekali bukan untuk counter attack isu yg beredar di luar. Kalau dari anak buah saya kan tidak obyektif. Jadi, saya harap publik akan mempercayakan kepada tim ini," harap Mustafa.

Dia sebelumnya juga menyatakan dirinya menyambut baik jika Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengawal audit penjatahan saham IPO PT Krakatau Steel. Bahkan, Mustafa siap membuka siapa-siapa saja investor yang menyerap saham perdana KS.

"Kalau ada usulan KPK mengawal, tentu kita senang sekali. Itu bagus, bersifat preventif. Sekarang kita baru utus mereka untuk konsultasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)," kata Mustafa.

   
   
Penjualan Perdana Torch, XL Lepas 3.000 Unit
November 6, 2010 at 2:22 AM
 

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--XL Axiata memperkirakan pada hari pertama penjualan Blackberry Torch diperkirakan terserap 3.000 unit. Sebagian besar pembeli adalah pelanggan yang telah melakukan pemesanan terlebih dahulu (pre order). Produk terbaru Research in Motion ini dilepas dengan harga Rp 5.999.999,-

Senior Manager Blackberry XL, Oni Marbun menjelaskann  penjualan perdana dilakukan pada hari Jumat (5/11) di Jakarta. ''Untuk pelanggan yang melakukan pre order, bisa diambil di outlet yang menjadi mitra XL, seperti Erafone dan TokoPDA. Kami juga melakukan penjualan perdana di Indochine FX,'' cerita Oni.

Oni memperkirakan pada hari pertama penjualan diperkirakan terserap 2.000 hingga 3.000 unit Blackberry Torch. ''Sebagian besar adalah pelanggan yang telah melakukan pemesanan terlebih dahulu,'' kata Oni. Selebihnya adalah pelanggan yang tidak melakukan pemesanan terlebih dahulu.

Setelah penjualan perdana, XL berencana menggelar roadshow di Jakarta, Bandung dan Makassar pada 12 November 2010. Di Jakarta akan dilakukan roadshow di delapan mal, Bandung akan digelar di BSM, sementara Makassar akan digelar di Transtudio.

Diminta komentarnya mengenai tingginya respons terhadap Blackberry Torch, Oni menyatakan bahwa kerja sama dengan kalangan perbankan telah menarwakan alernatif pembayaran menarik. ''Pelanggan bisa mendapatkan Blackberry Torch dengan bunga 0 persen untuk tenor 6 hingga 12 bulan. Ini menjadi salah satu daya tarik,'' kata Oni.

Kerja sama ini disebut Oni telah berhasil mengatasi entry barrier yang dihadapi para pengguna Blackberry. ''Pricing memang menjadi masalah, namun dengan metode cicilan, persoalan ini bisa diselesaikan,'' kata Oni. Untuk pemasaran Blackberry XL menjalin kerja sama dengan delapan bank.

Daya tarik lain, kata Oni, adalah penawaran free roaming di tujuh negara, hingga akhir Desember 2010. XL menawarkan free roaming masing sembilan hari dalam satu bulan kepada pelanggan prabayar maupun pascabayar.

   
   
Ancelotti: Hentikan Gerrard Jika Ingin Kalahkan Liverpool
November 6, 2010 at 2:22 AM
 

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL--Pelatih Chelsea Carlo Ancelotti mengatakan bahwa para pemainnya tidak mempunyai pilihan lain selain menghentikan laju Steven Gerrard, pemain tengah Liverpool yang sedang dalam penampilan bagus pada lanjutan kompetisi Liga Inggris di Stadion Anfield, Minggu (7/11) besok.

Tim asuhan Ancelotti tersebut setidaknya akan tetap kokoh di puncak klasemen sementara dengan keunggulan lima angka jika berhasil meraih kemenangan atas "Si Merah" tersebut. The Blues kembali akan bermain tanpa pemain tengah Frank Lampard yang masih berjuang mengatasi cedera paha.

Namun Michael Essien dan Florent Malouda sudah bisa kembali bertanding dan Ancelotti yakin bisa mengulangi sukses mengalahkan Liverpool pada pertandingan penting seperti tahun lalu. Pelatih asal Italia itu juga yakin, trio Essien, John Obi Mikel dan Yuri Zhirkov akan memainkan peran penting dalam skenario permainan Chelsea untuk membendung gerakan Gerrard, salah satu pemain terbaik yang dimiliki Liverpool.

Gerrard saat ini berada dalam penampilan terbaiknya, terutama setalah mencatat hatrik saat mengalahkan Napoli dalam pertandingan Liga Europa minggu lalu. "Tidak cukup jika hanya tampil 90 persen. Kami harus bermain dengan kemampuan 100 persen untuk meraih kemenangan di kandang lawan karena Gerrard sekarang dalam kondisi yang fantastis," kata Ancelotti.

"Kemenangan atas Napoli tentu sangat penting dalam meningkatkan rasa percaya diri mereka, jadi kami harus benar-benar siap dan fokus sepanjang pertandingan," katanya. Mengenai kemenangan 2-0 atas Liverpool pada pertandingan Mei lalu, Ancelotti berujar: "Itu adalah pertandingan terpenting musim lalu dan menjadi kunci untuk meraih kemenangan."

"Kami harus berhadapan dengan tim berbeda, mereka sudah berganti pelatih dan juga menghadapi banyak masalah sejak awal musim. Tapi Liverpool sudah lebih baik dan memenangi tiga pertandingan terakhir," katanya.

"Kami harus yakin bahwa kami adalah salah satu tim terbaik Inggris. Akan terjadi atmosfir yang fantastis nanti disana dan mereka juga akan mendapat dukungan penuh penonton. Untuk memenangi pertandingan, kami harus menampilkan permainan terbaik," katanya.

Chelsea berhasil meraih tiga gelar juara dalam enam tahun terakhir, sebaliknya Liverpool tidak pernah lagi tampil sebagai juara selama dua dekade terakhir. "Saya juga kaget (dengan sukses tersebut). Tim yang mampu meraih gelar juara Liga Champions seharusnya juga harus mampu menjuarai Liga Inggris," kata Ancelotti.

"Sebagian klub seperti AC Milan, mempunyai rasa percaya diri lebih besar bila tampil di Liga Champions karena sejarah mereka memang tampil lebih baik di banding di liga domestik," katanya. "Memang sulit untuk menjelaskan, tapi itulah kenyataannya. Milan lebih nyaman bila bertarung di Liga Champions. Liverpool juga punya sejarah dan tradisi (di Liga Champions), jadi sama saja," kata Ancelotti.

Sementara itu pelatih Liverpool Roy Hodgson saat ini sedang tertatih-tatih untuk membangun kembali tim yang tangguh sepeninggal Rafael Benitez dan hasil tersebut sudah terlihat dengan meraih tiga kemenangan secara beruntun.

Hodgson yakin, Fernando Torres akan kembali ke kondisi terbaiknya, tapi ia juga sekaligus memperingatkan pemain lainnya agar bisa mengimbangi dan memberi dukungan kepada Torres dan Gerrard. "Steven tampil luar biasa saat mencetak hatrik menghadapi Napoli dan saya berharap ia juga tampil baik karena kami sangat membutuhkannya menghadapi Chelsea," katanya.

"Fernando bekerja keras pada sesi latihan. Sangat menyenangkan bisa memiliki pemain berkualitas. Steven dan Fernando adalah pemain hebat dan berkualitas, tapi pemain lain juga sudah memperlihatkan permainan yang sama baiknya," kata Hodgson.

"Kami tentu tidak bisa hanya bergantung kepada Fernando dan Steven saja pada setiap pertandingan karena jika salah salah satu atau kedua pemain itu tampil kurang bagus, kami juga harus membuktikan bahwa kami tidak akan menyerah begitu saja," katanya menambahkan.

   
   
Korban Meninggal Letusan Merapi Menjadi 81 Orang
November 6, 2010 at 2:22 AM
 

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA--Korban meninggal dunia akibat letusan awan panas vulkanik Gunung Merapi hingga Sabtu, pukul 11.55 WIB, yang berada di instalasi Forensik Rumah Sakit Sardjito Yogyakarta bertambah lima orang, sehingga menjadi 81 orang.

Korban meninggal dunia di Rumah Sakit (RS) Sardjito Yogyakarta bertambah lagi lima orang dari sebelumnya 76 orang sehingga menjadi 81 orang, sebanyak 11 korban di antaranya berhasil diidentifikasi.

Kepala Bagian Hukum dan Humas RS Sardjito Yogyakarta Trisno Heru Nugroho mengatakan RS Sardjito Yogyakarta hingga kini merawat sebanyak 104 korban dari sebelumnya 111 korban luka bakar letusan awan panas vulkanik Gunung Merapi karena tujuh orang sudah pulang ke rumahnya masing-masing.

Menurut dia, kondisi 104 korban luka bakar akibat letusan awan panas Gunung Merapi hingga kini masih dirawat di berbagai ruang dan instalasi gawat darurat. Kekurangan alat bantu pernapasan di RS Sardjito Yogyakarta kini sudah teratasi sehingga bisa membantu kalangan penderita luka bakar tingkat berat dapat ditangani dengan baik.

"Sebanyak 75 persen korban menderita luka bakar, termasuk saluran pernapasan korban juga ikut terbakar. Mereka sulit bernapas sehingga membutuhkan alat bantu pernpasan," katanya.

Tim Dokter Disaster Victim Identification (DVI) memperkirakan jumlah korban akibat letusan Gunung Merapi masih bisa bertambah mengingat ada sebagian lokasi belum dijangkau tim SAR, TNI, Polri, dan relawan akibat lahar yang masih panas.

Korban meninggal dunia dan luka bakar berat merupakan warga Kecamatan Cangkringan yang letaknya 15 kilometer dari Gunung Merapi. Saat terjadi letusan pukul 00.40 WIB mereka masih tertidur nyenyak DVI meminta kalangan masyarakat yang mempunyai keluarga di Cangkringan agar datang ke RS Sardjito Yogyakarta untuk membantu mengidentifikasi korban dengan memberikan data-data sekunder karena jika tanpa ada data-data sekunder, maka tim forensik akan kesulitan mengetahui identitas korban.

   
   
Sriwijaya FC Jajaki Uji Coba Klub Malaysia dan Singapura
November 6, 2010 at 2:22 AM
 

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG--Menghadapi masa libur kompetisi Liga Super Indonesia (LSI), Sriwijaya FC mempersiapkan agenda uji coba melawan beberapa klub di dalam negeri dan luar negeri. "Sriwijaya FC akan melakukan uji coba atau pertandingan persahabatan dengan klub dari Malaysia dan Singapura," ujar Direktur Teknik Sriwijaya FC Hendri Zainuddin, Sabtu (6/11).

"Manajemen sekarang sedang menjajaki beberapa klub dari liga super di Malaysia dan Singapura yang bersedia uji coba dengan Sriwijaya FC. Agenda ini dipersiapkan manajemen untuk mengisi masa libur kompetisi selama sekitar dua bulan," kata Hendri Zainuddin yang didampingi Sekretaris Sriwijaya FC Faisal Mursyid.

Menurut Faisal sekretariat sudah mempersiapkan surat yang akan ditujukan pada beberapa klub yang manajemennya telah dikenali dengan manajemen Sriwijaya FC saat klub berjuluk Laskar Wong Kito ini mengikuti Liga Champions Asia dan AFC Cup. "Dari klub yang dihubungi, jika ada yang memberi konfirmasi, langsung manajemen Sriwijaya FC mengirimkan surat resmi ke mereka," katanya.

Pilihan terhadap klub dari Malaysia dan Singapura menurut Hendri, merujuk penilaian pelatih Ivan Kolev, klub-klub asal Malaysia dan Singapura cukup berkualitas. "Ada dari beberapa diantaranya kontestan AFC Cup mendatang. Sriwijaya FC sendiri juga akan bertanding ajang Champion Asia dan AFC Cup," ujarnya.

Selain agenda uji coba tersebut, manajemen Sriwijaya FC sedang mempertimbangkan kemungkinan mengikuti Piala Gubernur Jatim Sukarwo Cup pada awal Desember mendatang. "Untuk kepastiannya, kita masih melihat mana yang paling efektif. Bisa saja, kita memilih atau mengikuti semuanya asalkan tidak mengganggu kondisi tim dalam liga super nantinya," tambah Hendri.

Selain mempersiapkan agenda mengisi masa libur kompetisi, manajemen PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) sebagai pengelola klub Sriwijaya FC telah melayangkan surat kepada PT Liga Indonesia. "Melalui surat nomor 350/PT.SOM/XI/2010, manajemen guna mempertanyakan status keabsahan striker Persija Jakarta, Agu Casmir pemain naturalisasi asal Singapura. Dalam daftar cekal PSSI namanya tercantum sebagai pemain yang dicekal bermain di kompetisi PSSI," kata Faisal Mursyid.

Menurut Direktur Teknik Sriwijaya FC Hendri Zainuddin, pada pertandingan melawan Persija 3 November 2010, Agu Casmir diturunkan pelatih Persija Rahmad Darmawan menit 63 menggantikan Oktavianus. "Padahal pemain itu pernah masuk daftar hitam Badan Liga Indonesia karena kabur Persija tahun 2005. Kami mempertanyakan soal surat pengampunan dan perubahan status Agu Casmir dari PSSI," ujarnya.



   
   
RSUP Klaten Rawat 119 Pasien
November 6, 2010 at 2:22 AM
 

REPUBLIKA.CO.ID, KLATEN----Pasien yang dirawat di RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro Klaten hingga Sabtu (6/11) Siang telah mencapai 119 orang. Dari jumlah itu, 29 orang diantaranya mengalami luka bakar dan dua orang meninggal.

Pasien yang meninggal tersebut bernama Tukinah (85) warga Boyolali dan seorang bayi yang langsung meninggal saat dilahirkan oleh Trikah, warga Desa Tangkil, Kemalang, Klaten. Keduanya meninggal pada Jumat (5/11) kemarin. Mayat keduanya telah diambil oleh keluarga masing-masing.

Menurut staf humas RSUP, Rita Atmi, pasien luka bakar kebanyakan berasal dari Kecamatan Cangkringkan, Sleman, dan Kecamatan Kemalang Klaten. Luka bakar yang diderita pasien umumnya kurang dari 60 persen. Namun ada tiga pasien yakni warga Desa Balerante, Karjo (85), warga Cangkringan Samto (50), dan Juwarno (30). “Sekarang yang luka bakar lebih dari 60 persen dirawat di ruang ICU, “ ujarnya, Sabtu (6/11). Sementara, pasien yang mengalami luka bakar kurang dari 60 persen dirawat di ruang rawat inap sementara.

Pasien lain, ujarnya, dirawat lantaran berbagai keluhan seperti panas dan shock. Mereka juga ada yang berasal dari Desa Kendalsari, Talun, danKeputran Kecamatan Kemalang, Klaten. Sebanyak 46 pasien saat ini, telah pulang atau rawat jalan.

Diungkapkannya, warga Desa Balerante yang dikabarkan meninggal lantaran terkena awan panas hingga Sabtu siang belum diterima RSUP. Ditambahkannya, hanya ada satu pasien luka bakar yang telah dirujuk ke RS Dr Sardjito, Yogyakarta. “Memang yang lebih 60 persen luka bakar seharusnya dirujuk, tapi yang 3 pasien hingga Sabtu ini masih dirawat di sini dulu, “ ungkapnya.

Untuk ketersediaan ruang, ungkapnya, masih mencukupi untuk menangani semua pasien Merapi. Pun dengan peralatan medis seperti ventilator telah tersedia di RSUP. "Semua peralatan medis termasuk ventilator sudah siap untuk menangani pasien Merapi, " ujarnya.

   
   
2011, BRI Syariah Bidik Aset Di Atas Rp 10 T
November 6, 2010 at 2:22 AM
 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--BRI Syariah membidik aset di atas Rp 10 triliun pada tahun depan atau tumbuh sekitar 50 persen. Sampai akhir tahun ini anak perusahaan BRI itu menargetkan aset Rp 6,5 triliun.

Direktur Utama BRI Syariah, Ventje Rahardjo, mengatakan kondisi ekonomi Indonesia yang cukup baik membuat pihaknya cukup optimis mencapai pertumbuhan yang optimal di tahun depan. Ia memaparkan aset BRI Syariah yang mulanya Rp 1 triliun pada 1 Januari 2009 tumbuh sangat pesat.

Per September 2010 aset telah mencapai Rp 6 triliun dibanding tahun lalu yang sebesar Rp 3 triliun. "Mudah-mudahan akhir 2010 aset bisa ditutup Rp 6,5 triliun dan 2011 di atas Rp 10 triliun," kata Ventje usai pengumuman pemenang Lomba Kilas Lensa Anak Bangsa, Jumat petang (5/11).

Untuk menggenjot aset di tahun depan, ujar Ventje, BRI Syariah akan fokus ke pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah, pembiayaan pemilikan rumah (PPR), dan program kemitraan dengan perusahaan pembiayaan, koperasi, maupun bank pembiayaan rakyat syariah (BPRS).

"Selain itu pada 2011 kita juga akan mendorong hadirnya kantor layanan syariah (KLS) di kantor induk kita, BRI," ungkap Ventje.

Tahun ini pihaknya telah mengujicoba 10 kantor BRI menjadi KLS di Jakarta sebagai pilot project. Ventje menuturkan jika KLS tersebut memiliki review yang cukup baik. Pihaknya menargetkan membuka 1000 KLS setiap tahun.

Dengan demikian BRI Syariah pun membidik pertumbuhan nasabah dua kali lipat dari tahun ini yang berjumlah sekitar 200 ribu nasabah. Ventje mengatakan saat ini basis nasabah BRI Syariah sebagian besar masih berada di Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

Namun seiring dengan perkembangan bisnis di tahun depan pihaknya juga mengincar nasabah di Barat Indonesia sampai Makassar. "Pada 2011 kita menargetkan pertumbuhan nasabah sampai 400 ribu karena nanti secara bertahap kita juga akan buka kantor di Timur Indonesia," ujar Ventje.

Saat ini BRI Syariah telah memiliki 86 kantor cabang dan kantor cabang pembantu. Sementara pada tahun depan, Ventje mengungkapkan pihaknya juga akan menjalin kerja sama dengan pesantren untuk layanan electronic payment dan cash management.

Di sisi inovasi produk dan layanan, Ventje mengatakan BRI Syariah akan tetap fokus di produk mikro, PPR, gadai, dan dana talangan haji. Sementara, lanjutnya, kartu kredit syariah belum akan dikembangkan karena hal tersebut tidak menjadi suatu kebutuhan nasabah BRI Syariah yang merupakan kalangan menengah bawah.

Hingga September 2010 pembiayaan BRI Syariah tercatat hampir Rp 5 triliun dengan porsi pembiayaan mikro 10 persen, PPR 25 persen, UKM 10 persen, sisanya komersial. Nantinya, kata Ventje, porsi komersial akan lebih kecil dari UKM.

Untuk pembiayaan mikro, lanjutnya, saat ini terutama disalurkan kepada pedagang pasar. Sementara untuk UKM produsen dipilih yang merupakan supplier perusahaan besar. Khusus PPR, Ventje mengungkapkan BRI Syariah telah mencapai target pembiayaan Rp 1 triliun sejak Agustus lalu.

Pada pameran properti di akhir bulan lalu, tambahnya, BRI Syariah pun memperoleh tambahan pesanan PPR hampir Rp 350 miliar. Kendati akan melakukan ekspansi pada tahun depan, Ventje mengungkapkan BRI Syariah belum memerlukan tambahan modal karena rasio kecukupan modal masih cukup tinggi, diatas 20 persen.

Namun ia tak menampik jika nantinya akan perlu tambah modal saat perkembangan bisnis BRI Syariah tumbuh sangat cepat. "Saya optimis BRI punya kemampuan untuk membantu, tapi nanti kalaupun butuh modal kita akan lebih ke subordinated loan," tutur Ventje. Untuk DPK per September tercatat Rp 4 triliun.

   
   
Tim Gabungan Evakuasi Tujuh Mayat
November 6, 2010 at 2:22 AM
 

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN--Tim pencarian dan penyelamatan, Tentara Nasional Indonesia, polisi, dan relawan, Sabtu, pukul 10.10 WIB berhasil mengevakuasi sebanyak tujuh mayat korban awan panas Gunung Merapi di Dusun Gadingan, Desa Argomulyo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman.

Menurut keterangan anggota tim SAR Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diperkirakan di daerah itu masih banyak korban meninggal dunia yang belum diketahui keberadaannya karena banyak warga yang terjebak saat Gunung Merapi meletus pada Kamis (4/11).

Seorang warga Dusun Gadingan Sutantyo mengatakan banyak penduduk di dusun ini terjebak awan panas letusan Gunung Merapi pada Kamis (4/11) sehingga diperkirakan masih ada mayat yang akan ditemukan oleh tim SAR, TNI, polisi, dan relawan.

"Mungkin akan ditemukan banyak mayat karena ini hanya baru sebagian. Kami dan tim masih mencari lokasi korban lain," katanya

Dusun yang berada sejauh 16 kilometer dari puncak Gunung Merapi ini pada Jumat (5/11) belum bisa ditembus karena lokasi masih terbakar dan panas. Namun dusun ini kini sudah mulai ditembus dengan ditemukannya tujuh mayat . Semua korban meninggal kini dibawa ke Rumah Sakit (RS) Sardjito Yogyakarta untuk dilakukan autopsi.

Sementara itu korban meninggal dunia akibat letusan awan panas vulkanik Gunung Merapi di instalasi Forensik Rumah Sakit Sardjito Yogyakarta hingga kini mencapai 76 jiwa.

"Korban meninggal dunia di Rumah Sakit (RS) Sardjito Yogyakarta bertambah lagi lima orang dari sebelumnya 71 orang sehingga menjadi 76 orang, sedangkan yang luka bakar berat sebanyak 66 orang," kata Kepala Bagian Hukum dan Humas RS Sardjito Yogyakarta Trisno Heru Nugroho.

Ia mengatakan RS Sardjito Yogyakarta hingga kini merawat sebanyak 66 korban dari sebelumnya 77 korban luka bakar letusan awan panas vulkanik Gunung Merapi karena sisa korban sudah pulang ke rumahnya masing-masing.

Menurut dia, kondisi 66 korban luka bakar akibat letusan awan panas Gunung Merapi hingga kini masih dalam kondisi kritis sehingga perlu penanganan intensif karena luka bakarnya mencapai 50 persen. "Kami akan berusaha seoptimal mungkin untuk merawat para korban," katanya.

Ia mengatakan kekurangan alat bantu pernapasan di RS Sardjito Yogyakarta kini sudah teratasi sehingga bisa membantu kalangan penderita luka bakar tingkat berat ini dapat ditangani dengan baik.

"Sebanyak 75 persen korban menderita luka bakar, termasuk saluran pernapasan korban juga ikut terbakar. Mereka sulit bernapas sehingga membutuhkan alat bantu pernpasan," katanya.

   
   
JK:Bantuan Luar Negeri Belum Diperlukan
November 6, 2010 at 2:22 AM
 

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla menyatakan pemerintah Indonesia belum memerlukan bantuan dari luar negeri untuk memenuhi kebutuhan puluhan ribu pengungsi akibat erupsi Gunung Merapi.

"Pemerintah dan PMI masih sanggup memenuhi kebutuhan pengungsi," kata Jusuf Kalla beserta rombongan PMI saat tiba di Bandara Ahmad Yani Semarang, Sabtu.

Ia mengatakan, sampai saat ini pihaknya tidak meminta bantuan dari luar negeri, namun juga tidak menolak kalau ada pihak yang memberikan bantuan.

"Kami akan coba penuhi semua kebutuhan pengungsi seperti bahan makanan dan obat-obatan," ujar mantan Wakil Presiden Republik Indonesia itu.

Dalam kesempatan tersebut, Jusuf Kalla kembali menegaskan bahwa dirinya telah menginstruksikan jajaran PMI Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah untuk memborong semua roti di Kota Yogyakarta, Klaten, Magelang, dan Boyolali.

"Setiap hari ada sekitar 50 ribu roti yang diberikan langsung kepada pengungsi di tempat-tempat pengungsian agar tidak kelaparan," katanya.

Ia mengatakan, PMI juga telah mendirikan lima instalasi air yang dipusatkan di Pakem, Kaliurang Yogyakarta untuk kebutuhan air bersih ribuan pengungsi.

"Selain itu, hari ini kami telah memberikan bantuan berupa empat mobil gunung untuk membantu evakuasi warga yang berada di lokasi yang sulit dijangkau," ujarnya.

Jusuf Kalla beserta rombongan selanjutnya akan mengunjungi pengungsi Gunung Merapi di Kota Magelang, Sleman, Yogyakarta, dan Klaten dengan menempuh jalur darat.

   
   
Satu Korban di Kali Gendol Berhasil Dievakuasi
November 6, 2010 at 2:22 AM
 

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Satu mayat berhasil dievakuasi dari kali Gendol. Tim SAR dan relawan menghentikan evakuasi karena ada ancaman lahar panas. Tim yang terdiri dari delapan relawan PKPU, tim SAR, dan anggota Kopassus segera lari menyelamatkan diri dari ancaman lanjutan awan panas atau wedhus gembel Gunung Merapi, Sabtu (6/11) pukul 10.00.

Padahal, ketika itu mereka sedang bersiap untuk mengevakuasi belasan mayat korban awan panas pada Jumat dini hari lalu, di kilometer 12 dari puncak Gunung Merapi, tepatnya di bantaran Kali Gendol, Dusun Ngepringan, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.

''Hanya satu mayat yang berhasil dievakuasi, atas nama Mitigiono (60 tahun). Mayat istri, anak, dan adiknya masih tertinggal di dalam rumah,'' ungkap Kepala Dusun Ngepringan, Rubiso, kepada fotografer Republika, Imam Budi Utomo, yang ikut dalam rombongan relawan.

Saat proses evakuasi mulai dilakukan, terjadi hujan abu vulkanik. para relawan juga merasakan udara yang memanas dan mendapat kabar akan datangnya wedhus gembel. Tim evakuasi pun segera lari menjauh dari lokasi penemuan belasan mayat.

   
   
Seorang Anggota Polri Jadi Korban Merapi
November 6, 2010 at 2:22 AM
 

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Korban tewas akibat letusan merapi berjumlah 78 orang. Dari jumlah tersebut baru sembilan orang yang berhasil teridentifikasi. Salah satunya merupakan anggota brigadir polisi bernama Roslani.

Humas RSUP dr. Sardjito, Heru Nugroho mengatakan masih mencari anak dan istri brigadir tersebut. “Masih dilacak siapa tahu berada di salah satu korban yang belum teridentifikasi,” katanya pada Sabtu, (6/11).

Saat ini jenazah-jenazah korban masih berada di rumah sakit tersebut menunggu untuk dijemput keluarganya. Heru mengatakan belum ada satu pun jenazah yang diambil pihak keluarga. Jika dalam waktu 2 x 24 jam jenazah tersebut belum ada yang mengambil, maka akan segera dikuburkan secara massal. “Ini agar tidak menimbulkan bau,” katanya.

Untuk korban luka, tercatat ada 66 korban yang masih dirawat karena luka bakar. “Pasien yang kondisinya kritis pun sampai saat ini masih bisa survive,” katanya. Saat ini, pihak rumah sakit membutuhkan data sekunder berupa pelaporan dari warga mengenai anggota keluarga yang masih dinyatakan hilang.

   
   
Bila tak Kembalikan Tanah Pendudukan, Saudi tak Akui Israel
November 5, 2010 at 11:15 PM
 

REPUBLIKA.CO.ID,Pangeran Arab Saudi Turki al-Faisal mengatakan negaranya tidak akan menormalkan hubungan dengan Israel sebelum Israel mengembalikan tanah yang direbutnya dalam Perang Enam Hari tahun 1967.

Mantan menteri intelijen dan dutabesar Saudi untuk Amerika itu menambahkan jika mengakui Israel berarti Arab Saudi akan menyetujui "imoralitas" dan meremehkan hukum internasional.Faisal membuat komentar itu dalam pidato di Carnegie Endowment for International Peace di Washington hari Kamis.

Pangeran itu mengatakan Arab Saudi akan memperbarui tawarannya untuk memimpin upaya Arab menerima Israel secara diplomatik jika Israel bersedia mengembalikan tanah yang direbut. Wilayah yang direbut Israel dalam perang tahun 1967 itu termasuk Yerusalem Timur, Tepi Barat, Jalur Gaza dan Dataran Tinggi Golan.

Pidato Faisal dikemukakan di tengah upaya Amerika untuk membuat kesepakatan damai Israel-Palestina selambat-lambatnya pertengahan tahun depan. Perundingan damai itu saat ini terhenti akibat berakhirnya pembekuan permukiman Israel di tanah yang dikehendaki Palestina sebagai negaranya pada masa depan.

   
   
Kemensos Tambah Tenaga Bantuan dari Daerah Lain
November 5, 2010 at 11:15 PM
 

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-Kementerian Sosial kerahkan ribuan tenaga bantuan dari daerah lain untuk melaksanakan instruksi Presiden menangani bencana Merapi. "Kami instruksikan 1500 Tagana yang sudah di lokasi terus bertugas, sambil mengerahkan tambahan tenaga dari DKI, Jabar,dan Jatim," ujar Mensos Salim Segaf Al Jufry dalam pesan singkatnya, Sabtu (6/11).

Mensos yang ikut bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Semarang dan bermalam di Magelang ini berharap,tambahan tenaga bantuan dapat mengcover kebutuhan di area bencana. Selain itu,Direktorat Bencana Alam Kemensos mengirim peralatan dapur umum skala besar ke empat kabupaten dengan tambahan logistik.

Tim Reaksi Cepat Anak Kemensos pun,imbuh Mensos, direformat untuk kondisi darurat. Mereka menggandeng Panti Sosial Petirahan Anak (PSPA) Pati, PSPA Baturaden,Panti Sosial Bina Daksa (PSBD) Temanggung, dan Rehabilitation Centre Solo. Tim gabungan ini juga bekerja sama dengan Satuan Bakti Pekerja Sosial yang beranggotakan 40 orang sukarelawan.

Ikut bergabung pula para relawan sosial berjumlah 95 orang. Tugas mereka mengevakuasi anak, lansia, dan penderita cacat. Mereka pun membantu akses kebutuhan dasar serta trauma healing. "Sekitar 12 ribu anak butuh bantuan di kantong pengungsian terpadat," imbuh Mensos.

Maka,kerja tim ini pun diutamakan di lokasi terpadat,seperti Desa Dawuk,Kabupaten Klaten, pendopo Pemkab Magelang, dan Stadion Maguwoharjo, Kabupaten Sleman.

   
   
Awan Panas Meluncur Sejauh 8 km
November 5, 2010 at 11:15 PM
 

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-–Awan panas yang dikeluarkan merapi meluncur sejauh 8 km. Awan panas mengarah ke barat dan disapu angin ke arah utara. Awan panas ini terjadi sekitar pukul 07.00 pada Sabtu, (6/11).

Awan tersebut cukup besar dan membumbung tinggi. Merapi masih mengeluarkan suara gemuruh. Signal seismic masih bergelombang dan masih menunjukkan adanya aktivitas guguran kecil.

Guguran terbesarnya terjadi pada pukul 06.00 tadi. Selain itu, terjadi letupan di bawah kubah yang terbentuk pada 2006. Polisi dan relawan menutup Jalan Kaliurang Km 14. Hal ini dilakukan untuk mencegah siapapun yang mau naik.
 

   
   
Pukul 07.00 Merapi Semburkan Awan Panas
November 5, 2010 at 11:15 PM
 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pada Sabtu, (6/11) pukul 07.00 WIB Merapi mengeluarkan awan panas lagi. Awan tersebut cukup besar dan membumbung tinggi. Ceasar Hakim, relawan, mengatakan Merapi masih mengeluarkan suara gemuruh dan awan tebal. “Bukan meletus tapi awan panas,” katanya saat dihubungi.

Polisi dan relawan menutup Jalan Kaliurang Km 14. Hal ini dilakukan untuk mencegah siapa pun yang mau naik. Signal seismic masih bergelombang dan masih menunjukkan adanya aktivitas guguran kecil. Guguran terbesarnya terjadi pada pukul 06.00 tadi.

Sebelumnya, sekitar pukul 02.21 terjadi luncuran lava pijar. Diperkirakan volume lava tersebut cukup besar. Lava ini mengarah ke barat dan selatan dari puncak Merapi. Muara aliran tersebut ke Kali Gendol, Kali Kuning, dan Kali Woro. Aliran lava ini juga mengalir ke arah timur dalam volume yang lebih kecil. Saat ini, di kota Boyolali, yang terletak di sebelah timur Merapi terpantau luncuran lava pijar. Di sana, sudah tercium bau belerang yang cukup menyengat

   
   
Bassis Deep Purple Pamerkan Lukisan
November 5, 2010 at 11:15 PM
 

REPUBLIKA.CO.ID,Kumpulan lukisan, sketsa dan fotos karya Roger Glover selama hampir 40 tahun ditampilkan untuk pertama kalinya kepada umum di Komunitas Seni K-8, Köln, Jerman, 25 Oktober 2010 sampai 31 Januari 2011.
 
Berbeda dengan auranya di panggung, di dalam ruangan yang tak lebih dari 50 meter persegi itu Roger Glover tampak sangat bersahaja. Topi pet berwarna hitam menutupi sepasang mata birunya yang tampak kerap tertawa. Tegur sapanya lembut, dengan lantun seorang yang pandai bercerita.

Bagi Glover, gitaris dan produser musik ini, kreatifitas bersifat lintas batas. “Secara murni untuk kepuasan sendiri atau mungkin lebih baik disebut sebagai kebutuhan pribadi. Karena melukis kan tidak semata obat rileks, kadang proses melukis dibarengi dengan rasa frustrasi yang tiada tara. Karena sering kali pelukisnya memiliki konsep atau ide yang ingin digambarkan. Dan menit tindakan seseorang didasari suatu ide yang mutlak, maka ia akan menemukan kontradiksi. Sama seperti dalam musik, ketika digerakkan oleh suatu ide mutlak, maka dibutuhkan perjuangan besar untuk merealisasinya.”

Meski yang ditampilkan adalah kumpulan lukisan, sketsa dan fotos yang meliputi hampir 40 tahun berkarya, pameran yang digelar oleh komunitas seni K-8 ini merupakan yang pertama kali baginya. “Saya tidak pernah menjual karya saya. Pertama karena saya memang tidak punya cukup banyak karya bagus. Ke dua, bagaimana cara menentukan harga sebuah karya? Saya kan melukisnya tanpa beban, dengan perasaan yang bebas-bebas saja. Tapi dalam konteks amal, ya ide itu lebih masuk akal bagi saya. Saya telah menemui orang-orang dibalik lembaga swadaya amal itu, dan saya menemukan orang-orang yang hebat yang bersedia melewati berbagai kesulitan demi membantu orang lain“

Putra seorang petani, Roger David Glover lahir pada tahun 1945 di Wales Selatan. Tahun 1963 ia mulai kuliah senirupa di Hornsey College of Art. Masa yang amat ia nikmati, karena membuka banyak jalan untuk dijelajahi. Namun pertanyaan orang tuanya, apakah bisa hidup dari hasil seni kerap mengganggunya dan ia sendiri masih tertarik pada banyak hal lain. Akhirnya 1965,dua tahun kemudian,  ia tinggalkan kuliahnya dan memilih untuk main musik.

Deep Purple bukan band pertama ia bergabung. Namun bersama band itulah ia berhasil mencapai sukses komersial yang terbesar, dengan penjualan sampai 120 juta piringan hitam di akhir 70-an.  Dalam kisahnya, ia sudah menolak ajakan pimpinan band untuk bergabung dengan Deep Purple pada tahun 1968 karena tak mau menelantarkan teman-temannya di band terdahulu. Hanya kantong kosong dan refleksi bahwa usaha itu telah begitu lama berusaha tanpa hasil, membuatnya menelpon Gillan pagi hari berikutnya.

Pilihan itu diambilnya lebih dari 40 tahun yang lalu, kini dalam usianya yang 64 tahun, Roger Glover bercerita. “Saya kira seseorang tidak bisa merancang hidupnya secara persis, saya kira semua orang yang telah mencapai umur seperti saya, memiliki rasa heran bagaimana ia sampai tiba di paruh kehidupannya ini. Mungkin suatu hari seandainya saya punya lebih banyak karya, saya akan mulai menjualnya dan bisa jadi harus menjadikannya sebagai mata pencaharian.“

Seluruh hasil penjualan cetakan karya Roger Glover disumbangkan untuk inisiatif atau lembaga swadaya yang membantu para tunawisma, biaya perawatan rumah sakit bagi anak-anak dari keluarga miskin dan perawatan penyandang penyakit kanker di Jerman. Dan lelaki berambut keperakan ini merasa beruntung bisa melakukannya.


   
   
Baru Sembilan Korban Merapi yang Teridentifikasi
November 5, 2010 at 11:15 PM
 

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA--Korban meninggal akibat letusan Merapi yang dikirim ke RSUP Dr Sardjito hingga Sabtu (6/11) pukul 08.00 mencapai 65 orang dan satu korban di antaranya bernama Jinah Rejo. Dia adalah pengungsi yang meninggal di barak pengungsian Purwobinangun karena sakit.

Hal itu dikemukakan Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito Trisno Heru Nugroho, Sabtu (6/11). Dari 64 korban tewas akibat semburan awan panas Merapi akibat letusan Merapi yang terjadi Kamis (4/11) baru sembilan orang yang teridentifikasi sampai Sabtu pagi ini. Sebagian besar korban yang telah teridentifikasi berasal dari Desa Argomulyo.

Kesembilan korban tersebut adalah: Asrori warga Purwosari Kebumen ditemukan di Gendingan Cangkriangan; Septiani Nur Rahmati (20 tahun) ditemukan di Bronggang Argomulyo Cangkringan; Ny Suroto (20 tahun) ditemukan di Bantaran Cangkringan; Edi Sihantono (28 tahun) ditemukan di Blonggang Argomulyo; Poncokardi (59 tahun) ditemukan di Bronggang Argomulyo Cangkringan; Suroso (30 tahun) ditemukan di Bronggang Argomulyo Cangkringan; Faif Adi Saputra (sekitar 25 tahun) ditemukan di Plumbon Cangkringan; Heni Pertinah Ekasari ditemukan di Bronggang Argomulyo; dan Brigadir Roslani (29 tahun) ditemukan di Bronggang Argomulyo.

   
   
Agenda Presiden Obama di Indonesia
November 5, 2010 at 11:15 PM
 

REPUBLIKA.CO.ID,Hari ini Presiden Barack Obama dan rombongan berangkat ke India memulai kunjungan 10 hari ke Asia. Setelah 4 hari di India, Presiden Obama akan menuju Indonesia dan tiba di Jakarta hari Rabu tanggal 9 November. Menurut pihak Gedung Putih, setibanya di Jakarta, Presiden Obama akan mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden SBY yang akan dilanjutkan dengan konferensi pers oleh kedua presiden. Setelah konferensi pers, Presiden SBY akan menjamu kepala dan ibu negara Amerika Serikat dalam perjamuan resmi kenegaraan.

Agenda tanggal 10 November, hari Pahlawan, akan dimulai dengan kunjungan ke Taman Makam Pahlawan di Jakarta untuk menaruh karangan bunga sebagai simbol penghormatan. Dari Kalibata rombongan presiden akan mengunjungi Mesjid Istiqlal yang dilanjutkan dengan  pidato.

Pidato akan disampaikan tidak dari Mesjid Istiqlal namun lokasi yang pasti belum ditentukan. Diperikirakan pidato akan disampaikan di lapangan terbuka. Ben Rhodes dari National Security Council atau Dewan Kemanan Nasional mengatakan, “Pidato ini akan memberi kesempatan pada presiden untuk membahas mengenai topik yang sering dibicarakannya tapi kali ini dari negara yang secara pribadi penting baginya, yang pernah ditinggalinya selama beberapa tahun waktu kecil.”

Dalam pidato tersebut, presiden Obama akan membicarakan mengenai hubungan kerjasama dengan Indonesia termasuk topik mengenai demokrasi, pembangunan dan jangkauan persahabatan dengan negara-negara Islam di dunia. Presiden Obama juga akan menggunakan kesempatan langka berbicara di depan penduduk Indonesia ini untuk menyampaikan mengenai keragaman dan tingkat toleransi di Indonesia.

Ben Rhodes dari National Security Council atau Dewan Kemanan Nasional mengatakan, “Pidato ini akan memberi kesempatan pada presiden untuk membahas mengenai topik yang sering dibicarakannya tapi kali ini dari negara yang secara pribadi penting baginya, tempat ia tinggal selama beberapa tahun waktu kecil.”

Dari Jakarta rombongan Presiden Obama akan bertolak ke Seoul untuk menghadiri KTT G-20. Ibu negara, Michelle Obama, akan kembali ke AS dari Indonesia dan tidak menyertai presiden dalam kunjungan selanjutnya ke Korea dan Jepang. Alasannya adalah karena kunjungan ke kedua negara terakhir akan lebih berpusat pada pembicaraan mengenai ekonomi. Kedua putri mereka, Malia dan Sasha, tidak ikut dalam perjalanan ini.

   
   
Balita Gizi Buruk Ditemukan di Lingkar Newmont
November 5, 2010 at 11:15 PM
 

REPUBLIKA.CO.ID,SUMBAWA--Balita bergizi buruk masih ditemukan di wilayah lingkar tambang PT Newmont Nusa Tenggara selain di Kota Taliwang, Sumbawa Barat. "Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat saat ini masih menangani sedikitnya 14 kasus balita gizi buruk yang tersebar di beberapa kecamatan," kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Sumbawa Barat Tuwuh, di Taliwang.

Menurut dia, sejauh ini kasus tertinggi terjadi di Kecamatan Taliwang, dan sebagian lagi terdapat di wilayah lingkar tambang PT Newmont Nusa Tenggara terutama di Kecamatan Jereweh. Meski tercatat sebagai salah satu dari enam daerah terkaya di Indonesia versi data Badan Pusat Statistik (BPS) 2010, Sumbawa Barat ternyata rentan kasus gizi buruk atau kekurangan gizi. "Khusus di wilayah lingkar tambang terutama Kecamatan Jereweh, dari 920 orang balita, delapan persen di antaranya masih menderita kekurangan gizi atau gizi buruk," katanya.

Kasus ini menjadi keprihatinan semua pihak karena kurangnya kesadaran orang tua tentang pentingnya standar gizi yang baik. Faktor ini yang menjadi salah satu penyebab masih terjadinya kasus gizi buruk di daerah ini.

Selain itu, kata dia, budaya hidup tidak sehat dan kurangnya pengetahuan orang tua terhadap lingkungan sekitar juga ikut membuat kasus gizi buruk rentan terjadi. "Apalagi keluarga penderita masuk dalam kategori pra sejahtera atau miskin," katanya.

Ia mengatakan, balita yang terkena gizi buruk biasanya terlihat dari kondisi tubuh yang kurus serta berat badan tidak sesuai dengan umur. "Kami telah bentuk tim penanggulangan gizi untuk memberikan penyuluhan sadar gizi serta pengetahuan lainnya kepada masyarakat," kata Tuwuh.

   
   
Pesawat Komersial Baru Boeing 787 Dreamliner Mendarat di Schiphol
November 5, 2010 at 11:15 PM
 

REPUBLIKA.CO.ID,SCHIPHOL--Pesawat komersial terbaru Boeing, 787 Dreamliner, Jumat malam (05/11) mendarat di bandara Schiphol, Belanda. Pesawat melakukan uji penerbangan dari Paris dan akan berada di Amsterdam hingga Sabtu siang (06/11). Penerbangan dari Seattle ke Paris dan Amsterdam merupakan bagian dari program uji coba dan adalah kesempatan bagi Boeing untuk memperkenalkan pesawat barunya kepada calon pembeli, seperti Air France dan KLM.

Tahun 1990an, Boeing serta pesaingnya dari Eropa, Airbus, mengumumkan meluncurkan pesawat terbang revolusioner pada awal abad ke-21. Airbus memperkenalkan A380, pesawat komersial terbesar di dunia, yang setelah mengalami penundaan produksi, kini sudah melakukan penerbangan komersial lebih dari tiga tahun.

Pesawat terbang lebih kecil, Dreamliner milik Boeing menghadapi sedemikian banyak masalah produksi, sehingga pesawat tersebut baru sekarang bisa melakukan penerbangan uji coba.

   
   
Ternyata, Letusan Gunung Berapi Tingkatkan Hujan di Asia Tenggara
November 5, 2010 at 11:15 PM
 

REPUBLIKA.CO.ID,SINGAPURA--Para ilmuwan mempelajari lingkaran pada pohon untuk memperagakan ulang masa lalu bahwa sebagian besar letusan vulkanik dapat meningkatkan curah hujan di Asia Tenggara sehingga menantang persepsi umum bahwa gunung berapi sebagai bencana penghancuran. Sejumlah penelitian pada masa lalu telah memperlihatkan letusan dahsyat yang dialami oleh Gunung Tambora pada 1815 dan Krakatau pada 1883, yang keduanya berada di Indonesia, menurunkan suhu udara dunia dan melenyapkan pepohonan.

Para peneliti di Pusat Pengamatan Bumi Lamont-Doherty di Universitas Columbia di Amerika Serikat ingin meneliti beberapa dampak pada musim di Asia karena hujan merupakan hal yang penting bagi tumbuhan dan kehidupan miliaran manusia. Upaya tunggal untuk mengetahuinya adalah dengan merunut ke masa lalu. Mereka mempelajari pertumbuhan lingkaran dari pepohonan yang umurnya telah beberapa abad dari sekitar 300 kawasan di penjuru Asia, demikian menurut sebuah penelitian yang disiarkan oleh edisi jurnal Geophysical Research Letters di dalam jaringan.

Mereka meneliti sejumlah dampak pada curah hujan dari kebanyakan 54 letusan pada 800 tahun lalu dengan mengukur pengaruh pertumbuhan pepohonan. Pertumbuhan lingkaran yang kecil dan tipis menunjukkan curah hujan yang kecil dan jika hal itu sebaliknya maka menunjukkan curah hujan yang besar.
Lingkaran pohon menunjukkan di kawasan besar China selatan, Mongolia, dan daerah sekitarnya secara tetap masih kering dalam satu atau dua tahun setelah letusan besar gunung berapi, sementara daratan Asia Tenggara mendapatkan curah hujan lebih banyak.

Letusan gunung berapi menyebarkan kandungan belerang yang berubah menjadi partikel sulfat mikroskopis di atmosfir yang tinggi sehingga membiaskan cahaya matahari mempengaruhi pendinginan suhu udara di bumi dapat bertahan selama beberapa bulan ataupun tahun. Penyiaran penelitian tersebut hadir di saat serangkaian letusan gunung Merapi di Pulau Jawa, Indonesia, meletus kembali pada Jumat dengan jumlah korban hampir mencapai 100 orang.

Letusan tersebut, walaupun besar, belum dapat mempengaruhi suhu dunia, ujar sebuah keterangan media penelitian tersebut.

Para peneliti yang diketuai oleh Kevin Anchukaitis dari badan pengamatan mengatakan, penelitian mereka tidak menilai kaitan erat antara atmosfir serta samudera dan juga tantangan peraga iklim yang ada."Kebanyakan peraga iklim yang ada menggabungkan gejala alam yang dikenal, seperti perubahan pada matahari dan atmosfir, telah memperkirakan bahwa letusan vulkanik dapat mengganggu musim dengan mengurangi jumlah curah hujan ke Asia Tenggara," ujarnya.

Sejumlah temuan, kata para peneliti, dapat membantu memperbaiki beberapa peraga berikutnya yang digunakan oleh para ilmuwan yang mencoba memahami beberapa dampak global dari perubahan iklim dan pengaruh besar lainnya. Sebagai contoh, mereka menjelaskan bahwa mungkin terdapat kaitan erat antara dampak letusan dan fenomena cuaca El Nino serta La Nina yang memicu kemarau atau banjir di beberapa bagian Asia dan Australia.

Peristiwa cuaca El Nino atau La Nina yang kuat dapat menangkal dampak letusan, mengurangi pengeringannya dan memberikan efek yang melembabkan atau sebaliknya, yang dalam kondisi tertentu, hal itu dapat memperburuk dampak yang menimbulkan bencana banjir atau kemarau yang parah.

Para ilmuwan juga mengatakan bahwa penelitian mereka berguna sebagai peringatan atas kemungkinan dampak yang tidak disengaja mengenai rencana besar "perbaikan bumi" untuk mengurangi perubahan iklim, dengan membangun gunung berapi buatan yang bertujuan untuk mendinginkan suhu dengan memompa partikel sulfat ke atmosfir tertinggi.

   
   
Endapan Material Vulkanik Merapi di Sungai Code Mulai Berkurang
November 5, 2010 at 11:15 PM
 

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA--Sedimen lumpur hasil endapan material vulkanik Gunung Merapi yang terbawa hingga Sungai Code pada Sabtu pagi mulai berkurang karena hujan yang mengguyur Kota Yogyakarta sepanjang malam. "Hujan yang cukup semalam, dan tidak disertai hujan deras di wilayah Merapi membuat sedimen lumpur di Sungai Code sudah terbawa air," kata Wali Kota Yogyakarta Herry Zudianto melalui pesan singkat telepon selular di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, dengan terbawanya sedimen lumpur di Sungai Code oleh air hujan tersebut, membuat dampak positif yaitu bertambah dalamnya sungai sekitar satu meter.Turunnya kedalaman sungai yang berhulu di Kali Boyong tersebut akan membuat kapasitas sungai bertambah besar.

Sebagai sungai yang memiliki hulu di Gunung Merapi, sungai Code sangat potensial dilintasi material-material vulkanik hasil erupsi Gunung Merapi.Pada Jumat (5/11), Pemerintah Kota Yogyakarta telah menyiapkan 58 lokasi evakuasi bagi warga masyarakat yang tinggal di bantaran sungai karena kota tersebut dilintasi tiga sungai cukup besar yaitu Code, Winongo dan Gadjah Wong.

Kecamatan-kecamatan di Kota Yogyakarta yang dilintasi sungai meliputi Kecamatan Jetis, Kecamatan Gondomanan, Kecamatan Mergangsan, Kecamatan Gondokusuman, Kecamatan Pakualaman, Kecamatan Umbulharjo, Kecamatan Tegalrejo dan Kecamatan Mantrijeron.

Sedangkan kelurahan yang dilintasi sungai adalah Kelurahan Karangwaru, Kelurahan Cokrodiningratan, Kelurahan Gowongan, Kelurahan Suryatmajan, Kelurahan Ngupasan, Kelurahan Prawirodirjan, Kelurahan Keparakan, Kelurahan Brontokusuman, Kelurahan Terban, Kelurahan Kotabaru, Kelurahan Tegalpanggung, Kelurahan Purwokinanti , Kelurahan Kricak dan Kelurahan Wirogunan.

Lokasi-lokasi evakuasi tersebut berada di sejumlah sekolah, balai rukun warga, Gedung Kopertis V, Museum Purnawirata, LPP, Gedung Balai Pramuka, lapangan tenis Probongasem, Sasono Hinggil Keraton Ngayogyakarta, depan Masjid Agung Yogyakarta.

Seluruh lokasi evakuasi warga yang mampu menampung sekitar 13.000 jiwa tersebut juga telah dilengkapi dengan fasilitas mandi cuci kakus (MCK).

Status sungai di wilayah Kota Yogyakarta dibedakan menjadi empat, yaitu siaga yang berarti ketinggian permukaan air sungai 10 centimeter (cm) di bawah bronjong; status waspada saat permukaan air sungai sejajar bronjong; status awas saat permukaan air sungai 10-15 cm di atas bronjong dan status kritis yaitu saat permukaan air sungai sudah sejajar dengan talud.

   
   
Aburizal Bakrie Ingatkan Pemerintah Serius Atasi Bencana
November 5, 2010 at 11:15 PM
 

REPUBLIKA.CO.ID,PALEMBANG--Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie mengingatkan, pemerintah untuk benar-benar serius memberikan perhatian pada penanganan bencana alam yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia. "Pemerintah harus dapat segera mengatasi penderitaan para korban bencana alam yang terjadi di Kepulauan Mentawai, Gunung Merapi, dan Wasior," kata Aburizal, di Palembang, Jumat (5/11) malam.

Usai menghadiri Rakernas ke-2 Pemuda/Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) di Palembang itu, Aburizal mendukung adanya operasi besar-besaran untuk mengatasi bencana alam dan menangani para korbannya.
Menurut dia, perhatian yang besar dari pemerintah pusat sangast diperlukan di daerah yang mengalami bencana alam itu, mengingat keadaan daerah bersangkutan yang umumnya tidak siap menghadapi bencana seperti itu, terutama dialami di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Ia menegaskan, perlu memberikan perhatian besar terhadap bencana alam yang menimpa warga di Kepulauan Mentawai yang daerahnya sangat terpencil dan susah untuk dijangkau. Aburizal menyatakan bahwa untuk menangani korban bencana alam gempa berkekuatan 7,2 Skala Richter (SR) diikuti tsunami itu, mesti dikerahkan helikopter untuk mengevakuasi warga yang tertimpa musibah dan perlu segera mendapatkan pertolongan medis.

"Jika perlu pemerintah pusat mengerahkan 10 sampai 15 helikopter untuk dioperasikan di sana, supaya penderitaan rakyat tidak berkepanjangan. Walaupun memang akan memakan biaya besar, tetapi itu kenyataan yang harus dilakukan," ujar dia lagi.

Aburizal menyebutkan alasan, Kepulauan Mentawai merupakan daerah yang sulit untuk dijangkau lewat laut, sehingga memerlukan dukungan peralatan transportasi udara. Apalagi, lanjut dia, saat ini kondisi ombak laut cukup tinggi, sehingga tidak efektif untuk dapat menyalurkan bantuan ke sana melalui laut.

Dia juga mengingatkan agar pemerintah pusat juga dapat melihat kemampuan setiap daerah untuk menanggulangi bencana yang menimpa daerah tersebut. Menurut Aburizal, ketika pemerintah daerah tidak mampu menanggulangi bencana alam yang menimpa warga di daerahnya, pemerintah pusat harus segera mengambil alih guna bersama-sama membantu para korban bencana alam itu.

   
   
Pertemuan Liga Arab Ditangguhkan
November 5, 2010 at 11:15 PM
 

REPUBLIKA.CO.ID,RAMALLAH--Pertemuan Liga Arab untuk mengkaji ulang pembicaraan perdamaian Palestina-Israel yang macet mungkin akan ditangguhkan hingga akhir November, menurut seorang pejabat senior Palestina, Jumat. Presiden Palestina Mahmoud Abbas telah pergi ke Liga Arab untuk minta dukungan dalam menghentikan pembicaraan perdamaian setelah Israel menolak untuk memperpanjang pembekuan sepihak 10 bulan dalam pembangunan permukiman Yahudi di Tepi Barat yang diduduki oleh Israel.

Komisi Tindak Lanjut Liga Arab mengatakan pada 8 Oktober lalu bahwa mereka akan memberi Amerika Serikat waktu sebulan untuk mengupayakan dan menyelamatkan pembicaraan perdamaian itu. Tapi jurubicara Abbas Nabil Abu Rudeina mengatakan, Jumat, bahwa komisi itu sekarang mugkin akan memundurkan pertemuannya mendatang. "Komisi Tindak Lanjut Arab akan bertemu setelah berakhirnya periode sebulan itu dan, yang terpenting, setelah pihak Amerika memberi tahu kami bahwa negara itu telah menjangkau Israel," ia mengatakan pada AFP.

"Kami sedang menunggu akan jawaban ini, yang kami perkirakan tak lama, sebelum tanggal 10 bulan ini."
Abu Rudeina, yang sedang melakukan perjalanan dengan Abbas untuk kunjungan ke Uni Emirat Arab (UAE), mengatakan bahwa pertemuan itu sekarang mungkin akan berlangsng setelah perayaan Idul Adha, yang diperkirakan akan mulai pada 16 November.

Yasser Abed Rabbo, seorang pembantu senior Abbas, menjelaskan pada AFP bahwa pertemuan itu "pasti akan berlangsung sebelum akhir bulan" November. Gedung Putih melancarkan putaran terakhir pembicaraan Israel-Palestina pada 2 September di Washington, tapi mereka dengan cepat menemui kesulitan karena pembangunan permukiman Israel.

PM Israel Benjamin Netanyahu pekan depan akan melakukan perjalanan ke AS, tempat ia akan menemui dan mengadakan pembicaraan dengan Wakil Presiden Joe Biden dan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton. Sebelumnya, senurut laporan, kepala juru runding Palestina Saeb Erakat juga telah mengadakan pembicaraan dengan utusan AS untuk Timur Tengah George Mitchell mengenai bagaimana menyelamatkan pembicaraan perdamaian Israel-Palestina itu.

   
   
Dinas Kesehatan Gunung Kidul Periksa Kesehatan Pengungsi Merapi
November 5, 2010 at 11:15 PM
 

REPUBLIKA.CO.ID,GUNUNG KIDUL--Petugas Dinas Kesehatan memeriksa sejumlah pengungsi yang ditampung di posko pengungsian Rest Area Bunder, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat. "Mereka diperiksa kesehatannya oleh tenaga medis dari Dinas Kesehatan melalui unit Puskesmas Playen I," kata dokter Puskesmas Playen I Nila Kusuma Dewi di Gunung Kidul.

Menurut dia, para pengungsi yang diperiksa kesehatannya umumnya mengeluh karena batuk, sakit perut, dan influensa. "Tetapi, beberapa pengungsi lanjut usia mengalami tekanan darah tinggi," katanya di sela kesibukannya memeriksa pengungsi di posko pengungsian Rest Area Bunder, Playen, Gunung Kidul.

Ia mengatakan banyak pengungsi hanya kelelahan serta terlambat makan dan kurang tidur, sehingga staminanya menurun. Pihaknya sudah menyediakan berbagai obat-obatan yang diperlukan di tempat pengungsian, yang setiap saat dapat diakses pengungsi. "Kami membawa serta berbagai obat-obatan, di antaranya obat untuk gangguan pencernaan, obat demam, batuk, obat tetes mata, serta obat darah tinggi," katanya.

Tenaga medis Puskesmas Playen I yang diterjunkan ke tempat pengungsian terdiri atas satu dokter, dan dua perawat. Mereka didukung sarana yaitu satu unit mobil ambulans. "Kami mendapat tugas pelimpahan dari Dinas Kesehatan Gunung Kidul untuk melakukan tindakan medis bagi pengungsi Merapi, karena lokasi tempat pengungsian berada di wilayah Puskesmas Playen I," katanya.

ia mengatakan untuk pelayanan kesehatan bagi pengungsi ke depannya akan dilakukan bergantian dengan Puskesmas Playen II, karena di Kecamatan Playen terdapat dua unit pelaksana teknis (UPT) Puskesmas, yaitu UPT Puskesmas Playen I, dan UPT Puskesmas Playen II. "Apabila masih kekurangan tenaga medis karena kemungkinan pengungsi terus bertambah, maka akan dibantu tenaga medis dari Dinas Kesehatan, yang kemungkinan diambilkan dari UPT lain," katanya.

   
   
Haji Nonkuota Bikin Repot Lagi
November 5, 2010 at 11:15 PM
 

REPUBLIKA.CO.ID,MAKKAH--Jamaah haji nonkuota kembali bikin repot petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) di Mekkah, pasalnya kedatangan mereka dengan menyertakan bocah kecil usia 11 tahun, Mustofa yang jelas-jelas melanggar UU haji No.13 tahun 2008. Mustofa yang berasal dari Madura didampingi kedua orang tuanya. Ayahnya, Maskur, Juma siang, bersama tiga rekannya sempat dimintai keterangan petugas PPIH Mekkah di ruang Daker Mekkah.

Keterangan dari jamaah nonkuota ketika ditanya Kadaker Mekkah, Cepi Supriatna, berbelit-belit. Mereka mengakui dibawa oleh biro perjalanan Jauhara yang diduga tidak memiliki izin. Keterangan yang mereka berikan, mereka masuk di maktab 17 Mekkah. Belakangan mereka mengaku dikoordinir biro perjalanan lain, kata Cepi.
Mereka mengaku datang dari Surabaya kemudian ganti pesawat dengan Yaman Air. Sempat mampir di Malaysia kemudian masuk ke Jeddah. Tetapi ada pula rombongan yang langsung dari Cengkareng langsung ke Jeddah. Jumlah jamaah non kuota ini, menurut koordinatornya di Mekkah, Jundullah sebanyak 40 orang.
Jundullah ini ketika dihubungi petugas Daker Mekkah, baru datang Jumat petang. Jundullah ketika tiba di kantor Daker mengatakan, saat itu tengah sibuk mengurus jamaahnya. Tentang jamaah anak kecil dan lainnya, Jundullah mengaku akan bertanggung jawab. Jamaah ini sudah punya visa haji dan berhak beribadah.
Selain itu, pihaknya sudah memiliki pemondokan di Misfalah. Jadi, penjelasan jamaah ini sudah punya pondokan di maktab 17 tidak benar. Menurut Cepi, pihaknya berkewajiban melindungi jamaah Indonesia agar terhindar dari perbuatan kriminal, penipuan dan sebagainya. Karena itu, ia minta Jundullah bertanggung jawab hingga pemulangan jemaahnya ke tanah air.
Tentang perolehan visa, diperoleh penjelasan dari Jundullah bahwa semua dokumen haji yang diberangkatkan itu sudah ada yang mengurus di Jakarta, termasuk di kedutaan besar Arab Saudi. Di Jakarta ada biro perjalanan Tisaga. Namun penjelasan Jundullah itu tak transparan, pasalnya nama Tisaga itu ada dua: Tisaga Multazam Utama dan Tisaga Multazam Nurhotima.
Ketika didesak, Jundullah tak juga mau memberi penjelasan, termasuk menunjukan iqomah (Kartu Penduduk setempat). Ia hanya menunjukan paspor. Padahal sebelumnya Jundullah berjanji akan koopratif memberi penjelasan kepada pihak PPIH. "Ia, tidak berani," kata seorang petugas PPIH.
   
   
Kampus Jadi Tempat Pengungsi dan Pos Pemantauan Merapi
November 5, 2010 at 8:09 PM
 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Sejumlah kampus di Yogyakarta menjadi barak pengungsian korban Merapi dan posko pemantau. Berdasarkan situs www.jalinmerapi.com, kampus tersebut antara lain gelangang mahasiswa UGM dan gelanggang olah raga (GOR) UNY.

Noor Alifa, relawan yang berada di gelangang UGM mengatakan jumlah pengungsi di kampusnya mencapai 700 orang. Jumlah relawan yang ada dianggap cukup untuk membantu pengungsi termasuk memenuhi kebutuhan mereka seperti makan hingga logistik. "Kondisinya tidak terlalu penuh dan mereka mendapatkan semua yang mereka butuhkan," katanya saat dihubungi pada Sabtu, (6/11) dini hari.

Menurutnya, hal yang paling dibutuhkan saat ini adalah pendampingan untuk para pengungsi agar tidak kembali ke rumah masing-masing. Sebab, meski sudah diinstruksikan, beberapa warga di antaranya masih membandel. "Mereka pergi dengan alasan memberi pakan ternak," katanya.

Selain itu dua tempat tersebut, kampus lain yang dijadikan posko pengungsian dan posko pemantau antara lain kampus Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Universitas Sanata Dharma (Sadhar), kampus Paingan di Maguwoharjo, Seminari Tinggi St. Paulus Yogyakarta di Jalan Kaliurang Km 7, dan Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW).

Sejumlah sekolah dan tempat ibadah pun dimanfaatkan sebagai posko tambahan. Contohnya, sekretariat Forum PRB DIY. Gedung Badan Kesbanglinmas Prov DIY, Jl Sudirman 5 Yogyakarta; gereja katolik babadan; SMP 3 Jatinom; GOR pangukan, tridadi, Sleman. Tempat lainnya yaitu taman kuliner condong catur; Gereja Kalasan; Masjid Al-Fatah, Pundungrejo, Kadirojo 2, Purwomartani; Posko Youth Center Bolawen, Tlogoadi; dan Balai Desa Sariharjo.

   
   
Biro Haji Resmi Uruskan Tiket dan Visa Jamaah Haji Nonkuota
November 5, 2010 at 8:09 PM
 

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH--Sebanyak 250 jamaah haji nonkuota tiba di Makkah, Jumat (5/11) sore. "Rombongan jamaah kami sebanyak 33 orang datang bareng dalam rombongan itu. Ada juga dari biro lainnya," ujar Jundullah, dari Jauharoh Tour & Travel.

Lima jamaah Jauharoh yang dititipkan bus yang mengangkut kloter 70/SOC yang diberangkatkan dari Surabaya, dibawa ke kantor Misi Haji Indonesia. Jauharoh tak memiliki izin sebagai penyelenggara haji. ‘’Kami bekerja sama dengan sebuah biro perjalanan haji di Jakarta yang memiliki izin resmi menyelenggarakan haji khusus,’’ ujar Jundullah, dari Jauharoh.

Menurut Jundullah, yang mengurus visa dan tiket di Jakarta adalah biro perjalanan haji resmi itu. Jundullah yang menerima mereka di Makkah dan mencarikan rumah atau hotel, sesuai paket yang dipilih jamaah. ‘’Yang punya saudara di sini, kami titipkan kepada keluarga mereka. Yang tidak kami sewakan rumah yang tidak laku atau hotel,’’ ujar Jundullah.

Di Arafah nanti, kata Jundullah, mereka akan ditempatkan di maktab yang ditempati jamaah biro haji resmi itu. Jundullah mengaku sudah berkali-kali memberangkatkan haji, dengan nama biro perjalanan yang berbeda. Ia mengakui tak memakai kuota haji, yang penting dapat visa haji. ‘’Di Arab ini, dari mana pun datangnya jamaah, bik yang kuota maupun nonkuota, di sini akan tetap dilayani. Tak ada perbedaan. Saya dulu juga sering ikut cara ini,’’ ujar Jundullah.

Jundullah menjelaskan untuk memberangkatkan jamaah haji nonkuota, pihaknya membuat harga yang berbeda untuk kelas yang berbeda. ‘’Ada yang berangkat dengan paket Rp 100 juta, Rp 70-80 juta.Yang ini berangkat dengan biaya Rp 30-an juta,’’ jelas Jundullah.

Muslih bin Turin Sumo mengaku harus membayar 38 juta. Yasin As’ad mengaku membayar Rp 55 juta. Mustofa bin Maskur (11 tahun) yang berangkat bersama kedua orang tuanya juga harus membayar harga dewasa, Rp 38 juta. UU Haji No 13 Tahun 2008 tak membolehkan anak-anak naik haji. ‘’Sesuai syariah, tak ada larangan anak-anak ikut haji,’’ ujar Jundullah.

Kepala Daker Makkah, Cepi Supriyatna, menyatakan petugas haji perlu mendapat kepastian dari Jauharoh bahwa mereka tidak akan ditelantarkan. Kepada Cepi, Jundullah menyatakan, biro haji Jakarta memastikan telah menyediakan tiket pulang dan makan selama di Arafah.

   
   
Lava Pijar Merapi Meluncur Kembali
November 5, 2010 at 8:09 PM
 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Luncuran lava pijar terjadi lagi sekitar pukul 02.21 WIB. Lava ini mengarah ke barat dan selatan dari puncak Merapi. Muara aliran tersebut ke Kali Gendol dan Kali Kuning. Diperkirakan volume lava tersebut cukup besar. Aliran lava ini juga mengalir ke arah timur dalam volume yang lebih kecil.

Berdasarkan situs www.jalinmerapi.com, akibat dari luncuran ini, semburan warna merah terlihat di kejauhan. Suara petir terdengar sayup-sayup. Begitu pula dengan suara gemuruh yang terdengar samar-samar sampai Jalan Kaliurang km 7.

Bau belerang juga tercium. Namun, arah angin tak terpantau. Luncuran ini terjadi masih terjadi di sekitar lereng. Saat ini, jarak aman yang ditetapkan sudah ditetapkan 20 km dari puncak. Untuk wilayah Pakem sudah tidak lagi berada di jarak aman karena berada 14 km dari puncak merapi. Sedangkan, Malioboro berada 30 dari puncak; Magelang, 26 km; Boyolali, 17 km; UGM, 26 km; dan Klaten, 25 km.

   
   
Jika Torres Hengkang, Liverpool Datangkan Fernando Llorente
November 5, 2010 at 5:04 PM
 

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL--Liverpool dilaporkan siap memboyong bomber Athletic Bilbao Fernando Llorente ke Stadion Anfield. Ini jika Fernando Torres jadi meninggalkan klub di bursa transfer musim dingin Januari mendatang.

Penyerang jangkung Liverpool itu sudah lama dikaitkan dengan Barcelona dan Manchester City karena 'The Reds' tak kunjung berprestasi. Musim ini Liverpool mengalami nasib yang lebih buruk dan berkutat di papan bawah klasemen sementara Liga Primer Inggris hingga hal ini memicu spekulasi mantan bintang Atletico Madrid itu akan hijrah.

TalkSpor
t, Jumat (5/11) mengklaim, Liverpool melihat Llorente sebagai figur yang paling tepat jika rekan satu timnya di tim nasional Spanyol itu jadi meninggalkan Anfield. Dilaporkan juga jika 'Si Merah' siap memenuhi klausul bebas kontrak penyerang tersebut yang diperkirakan bernilai 36 juta euro. Di sepanjang karirnya, Llorente telah mengemas 12 gol bagi timnas Spanyol atau La Furia Roja.

   
   
Juve Bantah akan Lepas Del Piero ke AC Milan
November 5, 2010 at 2:01 PM
 

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN--Spekulasi mengenai masa depan Alessandro Del Piero berkembang. Pemain berusia 36 tahun itu kabarnya diminati oleh AC Milan. Harapannya, sebelum pensiun, Del Piero bisa bergabung dengan AC Milan.

Namun isu tersebut dibantah pihak Juventus. Beppe Marotta menilai kemungkinan untuk terwujudnya spekulasi tersebut sangat kecil.

"Del Piero ke AC Milan? Saya rasa hal itu tidak akan terjadi," kata Marotta yang merupakan penasihat Juventus, dikutip Football Italia, Jumat (5/11).

"Fakta bahwa Presiden AC Milan Silvio Berlusconi memujinya hanya bentuk pujian kepada yang bersangkutan, tapi Del Piero tidak akan bermain dengan kostum AC Milan," tandasnya.

Sementara mengenai kontrak Del Piero yang bakal berakhir di akhir musim, Marotta mengklaim pihak Juventus sudah membicarakan hal ini dan akan segera menjalin kesepakatan dengan pemain berusia 36 tahun itu.


   
   
Dampak Merapi, Warga Selo Batal Pesta Nikah
November 5, 2010 at 2:01 PM
 

REPUBLIKA.CO.ID, BOYOLALI--Warga Desa Suroteleng, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, batal menggelar pesta pernikahan. Ini karena mereka harus mengungsi ke tempat yang lebih aman dari ancaman letusan Gunung Merapi yang berada di perbatasan Jawa Tengah dengan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Asmarejo (60 tahun), warga Dusun Bulurejo Desa surateleng Kecamatan Selo di Boyolali, Jumat malam (5/11), mengatakan, sebenarnya tetangganya pada Kamis (4/11) dan hari ini menggelar resepsi pernikahan putranya tetapi karena warganya sudah mengungsi sehingga acara itu batal.

"Pak Triyono ini sebenarnya menggelar resepsi pernikahan putranya dan undangan sudah disebar jauh-jauh hari tetapi tetangga sudah tidak ada karena mengungsi tiga hari yang lalu akhirnya resepsi pernikahan gagal," kata bapak berputra empat orang tersebut.

Menurut dia, warganya sudah mengungsi ke beberapa tempat di Boyolali Kota sejak tiga hari yang lalu karena desanya merupakan daerah rawan bencana saat Gunung Merapi meletus.

"Kalau terkena dampak langsung letusannya memang tidak seperti lahar panas, tetapi saat gunung itu mau meletus suaranya sangat keras terdengar dari desanya yang berjarak enam hingga tujuh kilometer dari puncak Gunung Merapi," katanya.

Kalau hujan abu dari gunung tersebut, lanjut Asmarejo, memang jelas terkena tetapi kalau lahar panas gunung tersebut tidak. "Kami hanya mendengar suara gemuruh dari gunung tersebut," katanya.

Asmarejo menambahkan, warganya dengan kesadaran sendiri pergi ke daerah pengungsian. "Kami menyadari daerah kami sangat berbahaya sehingga kami mengungsi ke sini," katanya,

Hal yang sama juga dialami Haryono, warga Dusun Suroteleng Wetan Desa Suroteleng Kecamatan Selo. "Seharusnya Sabtu (6/11), Pak Haryono mengundang warga untuk menghadiri pesta pernikahan anaknya tetapi tampaknya tidak jadi karena warganya sudah mengungsi semua termasuk Pak Haryono sendiri," kata Mardjo Sarmo (55) yang mengungsi di kompleks DPRD Kabupaten Boyolali.

Mardjo mengakui, sebenarnya kasihan yang bersangkutan tetapi karena kondisi alam seperti ini, tentunya bisa dimaklumi. Ia menambahkan, dirinya baru berada di tempat pengungsian satu hari ini karena sebelumnya masih bertahan di rumahnya bersama dengan tetangganya.
 

   
   
Abu Merapi Sampai ke Cianjur
November 5, 2010 at 2:01 PM
 

REPUBLIKA.CO.ID,CIANJUR--Abu berwarna putih dari Gunung Merapi di Yogyakarta, semburannya sampai ke Kabupaten Cianjur, Jabar, Kamis, sehingga masyarakat sekitar terkejut melihat abu yang menempel di daun dan keramik yang berada di rumah-rumah. Pantauan ANTARA, abu berwarna putih yang turun bersama hujan sejak sore hingga malam, terlihat jelas di teras rumah warga dan di bagian luar kendaraan yang terparkir di beberapa pelataran parkir di Cianjur kota.

Bahkan abu berwarna putih tersebut mengeluarkan bau layaknya bau belerang. Warga yang mengetahui hal tersebut, sempat terkejut karena tanaman, teras dan kendaraan yang terparkir diluar rumah menjadi putih.
"Saya sempat kaget kenapa semua tanaman yang ada di halaman daunnya menjadi putih seperti kena cat putih. Begitupula dengan mobil yang saya parkir di luar garasi, sebagian besar tertutup abu berwarna putih," kata Ulum (36) warga Cianjur kota.

Hal yang sama diakui warga di Cianjur Selatan. Dimana abu berwarna putih seperti belerang, menutupi sebagian besar pohon yang ada di wilayah tersebut. Warga sempat geger karena sebagian besar wilayah di Cianjur selatan mengalami hal yang sama. "Kami pikir hanya di selatan saja, ketika kami menghubungi keluarga di Cianjur dan Bogor, juga mengalami hal yang sama. Mungkin ini berasal dari abu Gunung Merapi yang meletus di Jawa Tengah," kata Unang (38) warga Cibeber.

Abu berwarna putih tersebut, kata dia, terlihat sore menjelang malam, dimana ketika itu, hujan turun cukup deras dan pepohonan serta halaman rumah warga terlihat memutih, seperti tersiram cat.

   
   
Pengungsi Merapi Mulai Mengalami Stres Ringan
November 5, 2010 at 2:01 PM
 

REPUBLIKA.CO.ID,KULON PROGO--Pengungsi bencana Gunung Merapi dari wilayah Magelang dan Muntilan, Jawa Tengah, yang berada di Balai Desa Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai mengalami stres ringan dan iritasi mata. Petugas Puskesmas Kalibawang Titin, di Kalibawang, Jumat, mengatakan, kondisi kesehatan pengungsi dewasa umumnya masih stabil, sedangkan pengungsi lansia mulai mengalami stres ringan. Pengungsi bayi ada yang terserang deman.

"Pengungsi lansia yang mengalami stres ringan, umumnya sulit tidur. Begitu pula bayi yang demam tinggi, sulit tidur. Jumlah pengungsi lansia dan bayi yang mengalami panas tinggi maupun deman, lebih dari 30 orang. Mereka sudah diberi obat," katanya.

Sementara itu, petugas Puskesmas Kalibawang Tri Muhadi mengatakan pihaknya telah merujuk 13 pengungsi asal Magelang ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wates, Kulon Progo, untuk mendapatkan perawatan yang memadai.

Menurut dia, pengungsi yang dirujuk ke rumah sakit itu meliputi 10 anak-anak yang mengalami sesak napas, satu pengungsi lansia karena patah tulang, seorang ibu karena sesak napas, dan seorang bayi. Ia mengatakan umumnya pengungsi dalam kondisi baik, dan kebutuhan logistik mereka untuk sementara bisa tercukupi. "Kami masih membutuhkan bantuan tenaga medis dan obat-obatan untuk mereka. Saat ini bayi juga membutuhkan susu," katanya.

Sebelumnya, Kapolsek Kalibawang AKP Budi Susilanto mengatakan pihaknya telah menerjunkan seluruh personel guna membantu para pengungsi, bersama dengan personel Polres Kulon Progo. "Saat ini seribu lebih warga Magelang mengungsi ke wilayah Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, karena daerah mereka terkena hujan abu vulkanik Merapi," katanya.

Ia menyebutkan jumlah pengungsi di kantor Kecamatan Kalibawang 300 orang, Balai Desa Banjarharjo sekitar 600 orang, Balai Desa Banjararum dan Balai Desa Banjarasri sebanyak 250 orang. "Jumlah ini belum ditotal semua, dan kemungkinan akan terus bertambah, karena evakuasi warga di wilayah yang dilanda hujan abu vulkanik terus dilakukan," katanya.

   
   
RS PKU Muhammadiyah Yogya Kebanjiran Pengungsi
November 5, 2010 at 2:01 PM
 

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA--RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II (Gamping)  tidak hanya menerima pasien yang sakit, tetapi juga para pengungsi Gunung Merapi yang berjumlah sekitar 225 orang. Para pengungsi tersebut merupakan pindahan pengungsi dari Pakem dan Universitas Islam Indonesia, kata Humas RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Yahya Firsyad pada Republika, Jum'at (5/11).

Para pengungsi ini sedang dipikirkan bagaimana setelah mereka tiga hari berada di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II. Karena sebetulnya  rumah sakit  untuk merawat pasien yang perlu diperhatikan higienisnya. Sementara sekarang para pasien campur dengan para pengungsi yang sehat.

Sedangkan Pasien korban Merapi yang dirawat di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit I (Jalan. KH Dahlan) sebanyak 12 orang dan bukan korban lahar panas. Pasien tersebut merupakan  pengungsi karena diare, melahirkan dan kecelakaan.

Sebetulnya RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta telah mendirikan RS Lapangan di Glagah Harjo tetapi karena wilayah diperluas hingga 15 kilometer akhir dipindahkan di SD Muhammadiyah Cepit yang berjarak sekitar 15 kilometer dari Merapi. Namun pada Rabu malam, dari Badan Geologi telah memutuskan bahwa wilayah sejauh 20 kilometer harus dikosongkan. Akhirnya RS Lapangan tersebut bersama peralatannya ditinggal begitu saja oleh para paramedis yang bertugas.

Di RS Lapangan tersebut ada sekitar 51 paramedis yang terdiri dari: 15 petugas dari RS Muhammadiyah Lamongan, 15 petugasdari RS Muhammadiyah Gresik dan 21 petugas dari RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. RS Lapangan yang berada di SD Muhammadiyah Cepit direncanakan untuk dipindahkan lokasinya.

   
   
Abu Vulkanik Merapi Sampai Puncak Bogor
November 5, 2010 at 2:01 PM
 

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR--Abu vulkanik Gunung Merapi diduga telah sampai ke Puncak Bogor, Jawa Barat. Hal ini diakui beberapa warga di Kecamatan Cisarua, Jumat (5/11).

Menurut Adit (30), salah satu warga, sekitar pukul 17.00 WIB sore, ia melihat genting atap rumahnya sudah ditutupi debu tipis. ''Awalnya, saya kira debu itu akibat banyaknya kendaraan, tapi nggak tahu juga kalau karena abu gunung merapi,'' ujarnya.

Hal senada juga diakui Lurah Cisarua, Arief. Saat dihubungi Republika melalui telepon seluler, ia mengaku abu tipis memang muncul di wilayahnya.

'' Sepertinya abu itu terbawa angin kencang disertai hujan gerimis,'' katanya. '' Tapi hal ini tidak mengganggu aktivitas kami,''.

   
   
Menteri Keuangan Jerman \'Serang\' Fed AS
November 5, 2010 at 2:01 PM
 

REPUBLIKA.CO.ID,BERLIN--Menteri Keuangan Jerman telah melancarkan serangan sengit terhadap Federal Reserve Amerika Serikat, dengan mengatakan keputusan untuk memompa lebih banyak uang ke dalam perekonomian akan menciptakan masalah tambahan bagi seluruh dunia. "Saya tidak berpikir bahwa Amerika akan memecahkan masalah mereka dengan ini, dan saya percaya bahwa itu akan menciptakan masalah tambahan bagi dunia," Wolfgang Schaeuble mengatakan di televisi publik ARD Kamis malam.

"Kami akan membahas ini secara kritis dengan teman baik kami Amerika dalam pembicaraan bilateral dan tentu saja di KTT G20 di Korea Selatan minggu depan," katanya. Bank sentral AS pekan ini mengatakan pihaknya merencanakan untuk memompa sekitar 600 miliar dolar tambahan ke dalam ekonomi, ekonomi terbesar di dunia untuk meningkatkan pertumbuhan yang lesu dan menurunkan pengangguran dengan membeli surat utang pemerintah.

Strategi, dijuluki pelonggaran kuantitatif, yang bertujuan untuk mendapatkan lebih banyak uang ke kantong perusahaan, konsumen dan pemilik rumah dengan membuat pinjaman lebih murah, tetapi ada kekhawatiran akan memicu inflasi yang merusak. "Saya berharap Amerika berhasil dalam menghadapi masalah besar mereka secara efektif dan cepat, tetapi jika mereka melihat keberhasilan yang Jerman telah raih mereka akan melihat bahwa defisit semakin banyak bukan cara untuk melakukannya."

"Ini juga merupakan kebijakan bersama bahwa semua negara-negara industri secara tegas berkomitmen pada KTT G20 di Toronto awal tahun ini." Dengan perekonomian terbesar di Eropa saat ini menikmati pemulihan yang kuat dari kemerosotan tahun lalu, pemerintah Jerman telah menolak tekanan untuk memangkas pengeluarannya atau menurunkan pajak bagi konsumen dan perusahaan.

Kanselir Angela Merkel juga telah menekan Uni Eropa untuk mengadopsi hukuman lebih keras terhadap negara-negara anggota dengan defisit tinggi setelah masalah utang Yunani mendorong zona euro kepada kejatuhan.

   
   
Resmi Jadi WNI, Christian Gonzales Siap Kerja Keras demi Timnas
November 5, 2010 at 2:01 PM
 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Christian Gonzales berjanji akan menampilkan permainan terbaiknya bersama timnas Indonesia. Pemain asli Uruguay ini resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) per 3 November 2010 dan diumumkan kepada media oleh Badan Tim Nasional (BTN) PSSI, Jumat (5/11).

“Penantian panjang saya berakhir. Saya akan kerja keras untuk timnas Indonesia,” ujar Gonzales.

Iman Arif, mantan Ketua BTN yang digeser posisinya ke Deputi Bidang Teknis BTN, mengatakan, Gonzales lebih cepat mendapatkan paspor Indonesia karena sudah tujuh tahun bermain di Indonesia. Selama enam tahun berturut-turut Gonzales tidak pulang ke Uruguay.

“Apalagi dia juga menikahi wanita Indonesia, yaitu Eva Siregar,” kata Iman.

Gonzales telah berusia 34 tahun namun dinilai masih tajam oleh pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl. Nama Gonzales masuk dalam daftar 25 pemain yang dipanggil mengikuti training camp (TC) Piala AFF 2010.

Status Gonzales yang pernah empat kali menjadi top skorer Liga Indonesia dan musim lalu menjadi pencetak gol terbanyak Piala Indonesia menjadi alasannya. “Mudah-mudahan dia cocok dengan kriteria Alfred dan bisa tampil di Piala AFF,” kata Iman.

El Loco (si Gila)-- julukan Gonzales-- berkeinginan menggunakan nomor punggung 99 seperti yang digunakannya di Persib Bandung. Namun keinginan ini dipastikan tidak bisa terwujud karena aturan FIFA.

El Loco mengaku buta dengan kekuatan tim-tim Asia Tenggara. Namun ia yakin timnas Indonesia akan berjaya. Ia mengaku siap bersaing ataupun bekerjasama dengan Bambang Pamungkas dan Boaz Solossa, dua striker timnas saat ini. “Saya tidak butuh adaptasi lama karena pernah bermain dengan mereka,” tegas Gonzales.

   
   
Kerinci Berpotensi Bernasib Sama dengan Wasior
November 5, 2010 at 2:01 PM
 

REPUBLIKA.CO.ID,KERINCI, JAMBI--Kabupaten Kerinci dan sekitarnya menurut Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (BBTNKS) berpotensi mengalami bencana air bandang seperti yang terjadi di Wasior, Papua atau Losari, Sulsel. Dilihat dari tipologi dan topografi alam Kerinci yang bergunung-gunung dan perbukitan, tidak menutup kemungkinan daerah ini bisa mengalami nasib seperti Wasior yang mengalami bencana alam banjir bandang dan tanah longsor September lalu, kata Kepala BBTNKS Ir Luhut Sihombing melalui Staf Humas dan Evaluasi Lapangan Yohan Hendratmoko di Kerinci, Jumat.

Hal tersebut bukan sebatas prediksi atau ramalan, namun juga atas penelitian dan pengamatan ilmiah terhadap tipologi dan topografi alam Kerinci dan sekitarnya yang bergelombang penuh pegunungan dan pebukitan. Keadaan tersebut sama dengan kondisi alam Wasior. Selain itu, kondisi tanah pun memiliki tipe yang sama baik jenis tanah maupun tingkat kerenggagannya. Yang lebih memungkinkan adalah banyak danau yang berada di ketinggian atau di atas pebukitan.

Danau terbesar Gunung Tujuh di Kayu Aro, dan Danau Kaco di Gunung Raya yang berada di puncak pengunungan. Danau Gunung Tujuh adalah danau tertinggi di Asia Tenggara. Selain kedua danau itu masih ada danau di daratan tinggi lainnya, termasuk Danau Lingkat di Lempur dan danau-danau kecil lainnya yang tersebar di hampir semua kawasan dan kecamatan.

Danau-danau di tempat tinggi tersebut merupakan daerah tangkapan air utama di kawasannya. Danau Gunung Tujuh saat ini kondisinya relatif aman karena keberadaannya diapit oleh tujuh gunung. Namun satu-satunya celah penyaluran gendangan airnya dari cekungannya adalah air terjun di sebelah barat laut danau tersebut. "Jika dalam kondisi cuaca ekstsrim seperti yang terjadi saat ini mengakibatkan curah hujan meningkat maka debit airnya bisa bertambah," katanya.

Kalau celah pembuangan air alami berupa air terjun tersebut tidak sanggup menahan, air danau akan tumpah dan mengalir ke arah desa-desa di kaki gunung, salah satunya Desa Kersik Tuo yang merupakan kota kecil dengan jumlah rumah dan jumlah penduduk teramai. Berdasarkan berbagai potensi itulah, kata Yohan, Kerinci berpeluang mengalami bencana banjir bandang seperti yang menimpa Wasior.

Selain Kerinci daerah sekitarnya juga memiliki potensi yang sama seperti Kaubupaten Merangin di sebelah timur dan Kabupaten Padang Aro (Sumbar) di sebelah barat. Karena itu, katanya, meskipun kemungkinan terjadinya banjir bandang tersebut hanya 20 persen, diharapkan tingkat kewaspadaan masyarakat dan kesiapsiagaan pemerintah harus tetap ditingkatkan.

Sementara Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geosfisika Provinsi Jambi RL Tobing juga mengingatkan agar masyarakat Kerinci dan sekitarnya bisa meningkatkan kewaspadaannya. Perubahan cuaca ekstrim yang melanda Jambi saat ini di Kerinci potensial terjadinya bencana alam yang disebabkan oleh hujan dan tiupan angin terus menerus yang berpotensi melonggarkan tingkat kerekatan tanah.

"Bahaya yang bisa mengancam Kerinci dan sekitarnya akibat perubahan cuaca ekstrim ini di antaranya tiupan angin kencang disertai petir dan halilintar atau bisa disebut badai gunung, lalu juga bahaya banjir bandang dan tanah longsor. Perlu waspada dan siaga," tambahnya.

   
   
Tim Evaluasi Independen Privatisasi BUMN Resmi Dibentuk
November 5, 2010 at 2:01 PM
 

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) resmi membentuk tim untuk mengawal privatisasi BUMN. Tim ini diberi nama Tim Evaluasi Independen Pelaksana Privatisasi BUMN.
"Hari ini Tim Evaluasi Independen Pelaksana Privatisasi BUMN sudah terbentuk. Anggotanya ada empat orang. Tim diketuai oleh Mas Ahmad Daniri yang sekarang ini juga menjabat sebagai  Ketua Komite Nasional Kebijakan Governance," kata Menteri BUMN, Mustafa Abubakar kepada wartawan di Jakarta, Jumat (5/11) malam.

Dia menambahkan, tim ini juga diperkuat oleh Hikmah Hanto Juwana yang saat ini tercatat sebagai Guru Besar FHUI, Sudaryono yang pernah mantan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dan Kahlil Rowter yang berprofesi sebagai pengamat pasar modal.

"Saya berharap ke empat orang ini bisa memastikan pemenuhan prosedur privatisasi BUMN. Misalnya, menetapkan waktu (privatisasi), jenis saham yang dilepas, harga jual dan proses penjualannya. Termasuk juga memastikan hasil bersih privatisasi disetor ke kas perusahaan," papar Mustafa.

Kementerian BUMN berharap pelaksanaan privatisasi PT Krakatau Steel (KS) melalui mekanisme initial public offering (IPO) berjalan lancar dengan kawalan mereka. Mustafa menyampaikan pihaknya sengaja memilih ke empat orang tersebut supaya obyektif atau tidak ada keterpihakan. 

"Sengaja tidak mengambil orang dalam biar obyektif. Mereka dipilih atas dasar profesional di bidangnya dan integritas. Tentu kami sudah mendiskusikan dan mewawancarai mereka dari kemarin sampai hari ini," ujar Mustafa.

Menyinggung masa tugas tim evaluasi ini, ia menyatakan tim ini hanya bertugas untuk memantau pelaksanaan IPO KS. Mustafa menguraikan terhitung hari ini sejak Surat Keputisan berlaku, mereka resmi bertugas.

"Mereka bertugas hanya untuk KS. Jadi masa tugasnya selama satu bulan setelah listing KS, dari tanggal 10 November 2010 sampai 10 Desember 2010. Tapi, kalau tim ini perform, maka untuk IPO berikutnya akan kita pakai. Dan, mungkin akan kita tambah orangnya," papar Mustafa.

Tim evaluasi independen ini berada di bawah Menteri BUMN secara langsung. Untuk itu, Mustafa mengungkapkan dirinya bisa bebas mengevaluasi jika ditemukannya penyimpangan. Namun, ia menegaskan kewenangan tim evaluasi independen ini tetap sesuai ketentuan yang ada.

"Tim ini langsung di bawah saya. Mereka bebas evaluasi. Jadi, apa-apa yang tidak sempat diperiksa mereka bisa lakukan. Sehingga kalau ke underwriter ya harus sesuai ketentuan," pungkas Mustafa.

Namun, ia menegaskan tim evaluasi independen ini dibentuk bukan untuk men-counter attack isu-isu miring yang tengah beredar di publik saat ini. Tim ini, tegas Mustafa, ingin memberikan kepastian semua proses ini berjalan sesuai ketentuan."Sama sekali bukan untuk counter attack isu yg beredar di luar. Kalau dari anak buah saya kan tidak obyektif. Jadi, saya harap publik akan mempercayakan kepada tim ini," harap Mustafa.

Dia sebelumnya juga menyatakan dirinya menyambut baik jika Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengawal audit penjatahan saham IPO PT Krakatau Steel. Bahkan, Mustafa siap membuka siapa-siapa saja investor yang menyerap saham perdana KS.

"Kalau ada usulan KPK mengawal, tentu kita senang sekali. Itu bagus, bersifat preventif. Sekarang kita baru utus mereka untuk konsultasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)," kata Mustafa.

   
   
Kemenhub Tawarkan Alternatif Bandara Solo dan Semarang
November 5, 2010 at 2:01 PM
 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kementerian Perhubungan menawarkan Bandara Adi Sumarmo, Solo dan Bandara Ahmad Yani, Semarang, sebagai alternatif, menyusul penutupan Bandara Adisucipto, Yogyakarta, karena krisis Merapi. "Dua bandara terdekat ya cuma itu. Maskapai bisa alihkan rute ke Solo atau Semarang," kata Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Herry Bhakti S. Gumay, menjawab pers di Jakarta, Jumat.

Namun, tegasnya, maskapai yang bersangkutan harus menyediakan transportasi darat dari Solo atau Semarang ke Yogyakarta. "Kalau penumpang mau, silahkan diterbangkan. Tetapi kalau tidak ya harus dikembalikan uang tiketnya 100 persen," tegasnya.

Sebelumnya, pemerintah melalui notam yang dikeluarkan oleh otoritas Bandara Adisucipto, memutuskan untuk menutup bandara itu mulai pukul 09.50 WIB (5/11) hingga pukul 06.00 WIB (6/11). "Jika kondisi memburuk, bisa saja diperpanjang (penutupan bandara)," katanya.

Akibatnya, sedikitnya 41 penerbangan berjadwal untuk rute penerbangan Jakarta-Yogyakarta dan sebaliknya dibatalkan. "Hari ini (5/11), total 41 jadwal penerbangan dibatalkan, terdiri 20 keberangkatan dan 21 kedatangan hanya dari Bandara Soetta," kata Kahumas PT AP II Andang Santoso sebelumnya.

Andang merinci dari 41 jadwal itu, terdiri 16 penerbangan milik PT Garuda Indonesia, 16 penerbangan dari Lion Air, tiga penerbangan dari Mandala Airlines, dan dua penerbangan masing-masing dari Batavia Air, AirAsia Indonesia dan Sriwijaya Airlines. "Meski begitu, sampai sekarang tidak ada penumpukan di Bandara Soetta karena hal itu sudah dikomunikasikan langsung oleh airline kepada seluruh penumpang," tandasnya.

Senior Manager Communications PT Garuda Indonesia (Persero) Ikhsan Rosan membenarkan perusahaanya telah membatalkan 16 rute penerbangan dari dan menuju Bandara Adisujipto, Yogyakarta (5/11). "Seluruh penerbangan Garuda rute Jakarta-Yogyakarta dan sebaliknya hari ini (5/11) dibatalkan, tidak ada yang dialihkan ke Solo atau Semarang," kata Ikhsan.

   
   
Abu Merapi juga Jatuh di Lereng Gunung Slamet
November 5, 2010 at 2:01 PM
 

REPUBLIKA.CO.ID,PEMALANG--Kawasan lereng Gunung Slamet di Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, diguyur hujan abu, Jumat, namun material vulkanik ini dipastikan bukan berasal dari aktivitas Gunung Slamet. Akibat hujan abu vulkanik tersebut menyebabkan jalan raya, ladang, dan rumah warga setempat tertutup abu hingga lima centimeter.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Slamet, Sukedi, mengatakan hujan abu vulkanik yang terjadi di sejumlah titik wilayah Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Tegal tersebut berasal dari Gunung Merapi. "Abu vulkanik itu berasal dar Gunung Merapi yang terbawa angin ke arah barat. Jadi itu bukan abu vulkanik dari Gunung Slamet," katanya.

Ia mengatakan saat ini aktivitas Gunung Slamet hanya terjadi gempa di dalam kawah dengan jenis gempa asap yang tidak berbahaya bagi warga. "Saat ini, kondisi cuaca hujan dan kabut asap putih dengan ketebalan 150-400 meter masih menyelimuti kawasan Gunung Slamet dengan permukaan gempa satu kali tektonik lokal," katanya.

Retno, warga Desa Gambuhan, mengatakan bahwa hujan abu tersebut lebih tebal dari peristiwa yang sama hari sebelumnya. "Hujan abu ini menganggu warga karena selain pedih di mata juga menyulitkan jarak pandang saat warga melakukan aktivitas," katanya.

Ia mengatakan abu yang bertebaran tersebut mulai reda setelah terjadi hujan yang terus mengguyur di daerah setempat. "Abu vulkanik itu hilang setelah hujan deras mengguyur Desa Gambuhan," katanya.

Hujan abu vulkanik ini juga terjadi di Desa Yomani, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal, Jumat, sekitar pukul 13.00 WIB.

   
   
KRI Soeharso Tangani 30 Korban Wasior
November 5, 2010 at 2:01 PM
 

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA--Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dr Soeharso menangani 30 korban banjir bandang di Distrik Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat. "Begitu tiba di Wasior, tim medis KRI Soeharso langsung menangani 30 pasien," kata Kepala Dinas Penerangan Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim), Letkol Laut Yayan Sugiana, di Surabaya, Jumat.

Kapal yang berfungsi sebagai rumah sakit terapung itu berangkat dari Surabaya, Kamis (28/10) dan tiba di Wasior, Jumat. Kapal tersebut sempat akan diberangkatkan ke Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, untuk membantu penanganan korban bencana tsunami. Namun atas perintah Panglima TNI dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut, kapal yang dikomandani Letkol Laut (P) Heribertus Yudho Warsono itu bertolak ke Wasior seperti rencana semula.

Sesampainya di Wasior, Komandan Satgas Kolonel Laut (P) Benny Sukandari langsung memerintahkan pasukannya untuk membongkar muatan KRI Soeharso. "Tidak hanya pasukan, namun juga masyarakat setempat turut bahu-membahu menurunkan muatan dari KRI Soeharso," kata Yayan.

Muatan itu, di antaranya 199 kerdus biskuit, lima unit tenda peleton, dua karung tikar, 10 lembar spanduk, 100 buah kantong plastik, 3.400 potong kaus, 300 kerdus mi instan, 100 kotak sereal, enam karung pakaian layak, satu karung sabun mandi, 3.386 kerdus keju, dan satu unit genset.

Kedatangan kapal itu disambut Bupati Teluk Wondama, Alberth Torey, dan pejabat pemerintah daerah setempat.

Satgas yang tergabung dalam KRI Soeharso itu terdiri atas 400 prajurit marinir zeni, satu peleton prajurit dari Yonkes 1 Marinir, dan 80 orang dokter dan perawat dari berbagai keahlian, serta sejumlah tenaga pembinaan mental.

Kapal itu juga mengangkut kendaraan amfibi pengangkut artileri dan sejumlah kendaraan berat untuk membantu pemulihan pascabencana.

   
   
Kulon Progo Siap Tampung Korban Merapi
November 5, 2010 at 2:01 PM
 

REPUBLIKA.CO.ID, KULON PROGO--Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan siap menampung pengungsi korban letusan Gunung Merapi dari kabupaten Sleman dan Jawa Tengah.

"Kami terbuka menerima pengungsi yang datang ke wilayahnya, berapapun jumlahnya," kata Bupati Kulon Progo, Toyo Santoso Dipo, Jumat (5/11), di saat memantau kedatangan pengungsi ke Kulon Progo.

Menurut Toyo, setelah mendapat informasi adanya pengungsi yang datang, ia langsung ke lokasi untuk memantau kondisi mereka. "Kami terbuka untuk menerima pengungsi dan akan diterima dengan baik berapa pun jumlahnya," jelasnya.

Sementara, Kabid Sosial Dinsosnakertrans Kulon Progo, Untung Waluyo, mengatakan begitu para pengungsi banyak berdatangan pihaknya langsung melakukan tanggap darurat.

"Kami telah menyiapkan tempat penampungan bagi pengungsi, logistik makanan, air bersih dan MCK, serta sarana kesehatan. Semuanya langsung kami siapkan dibantu partisipasi secara swadaya dari masyarakat," katanya.

Saat ini jumlah pengungsi di Kantor Kecamatan Kalibawang sebanyak 300 orang, Balai Desa Banjarharjo mencapai 600 orang, Balai Desa Banjararum dan Desa Banjarasri mencapai 250 orang.

Jumlah ini belum terekap semua dan akan terus bertambah karena tim dari Polres Kulon Progo dan Polsek Kalibawang masih melakukan evakuasi dari Muntilan dan Magelang.

Sebelumnya, Kepala Bagian Operasi Polres Kulon Progo, Kompol Kawarwanto mengatakan, seluruh truk dan mobil patroli hingga pagi hingga sore ini terus mengewasi pengungsi dari Magelang dan Muntila yang mencapai 1.500 orang.

"Kami terus mengerahkan mobil patroli dan truk polres dari pagi 01.00 WIB sampai sekarang. Jumlah pengungsi di Kulon Progo mencapai 1.500 orang yang ditempatkan di empat titik yakni Kantor Kecamatan Kalibawang, Balai Desa Banjarharjo, Balai Desa Banjararum dan Desa Banjarasri," katanya.

   
   
Bus Rombongan Aktivis HMI Tabrak Lima Rumah
November 5, 2010 at 2:01 PM
 

REPUBLIKA.CO.ID,TEGAL--Bus rombongan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Jawa Tengah, Jumat, menabrak truk dan lima rumah warga di jalur pantai utara Desa Maribaya, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Ipah, saksi mengatakan kecelakaan tersebut berawal saat PO Edy Transport nomor polisi AA 1700 ED yang ditumpangi rombongan HMI melaju dari arah timur (Semarang) menuju ke barat (Jakarta) dengan kecepatan tinggi.

Saat bus melaju dengan kecepatan tinggi, dari jalur yang sama muncul sebuah truk nomor polisi H 1543 YS. Diduga akibat jarak bus dan truk sudah terlalu dekat maka tabrakan pun tak terhindarkan. Setelah menabrak truk bagian belakang, pengemudi bus pun berusaha mengendalikan laju bus, tetapi justru menabrak lima rumah warga setempat. "Bus dan truk yang bermuatan tapioka itu melaju dari arah yang sama. Namun, penyebab terjadinya tabrakan itu kami tidak mengetahui persis," katanya.

Akibat tabrakan tersebut sejumlah penumpang bus mengalami luka-luka, yaitu Sudarsono (26) warga Semarang, Ayuli Setiawan (26) warga Rembang, Moh Habibi (25) Boyolali, sopir truk Badian (44) warga Ngemplak Kidul, Kabupaten Pati, Ditam Sutarno (42) warga Bantul, kernet bus Wardoyo (43). Para korban hanya menjalani rawat jalan di Rumah Sakit Mitra Siaga Tegal.

Adapun lima rumah yang mengalami rusak akibat ditabrak bus, yaitu milik Pendi (70), Eti (48), E'en (40), Muradi (50), dan Ipah (38), semuanya warga Desa Maribaya, Kecamatan Kramat. Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Tegal, Iptu Sukreta mengatakan saat ini polisi masih menyelidiki terjadinya kasus kecelakaan tersebut.

   
     
 
This email was sent to raudlotuttolabah8.santri@blogger.com.
Delivered by Feed My Inbox
230 Franklin Road Suite 814 Franklin, TN 37064
Account Login
Unsubscribe Here Feed My Inbox
 
     

0 komentar:

Poskan Komentar